Klasemen ASG 2019, Indonesia Salip Thailand Menuju Puncak

Atlet renang Indonesia di ASG
Sumber :
  • Radhitya

VIVA – Indonesia berhasil merebut puncak klasemen medali ASEAN School Games (ASG) 2019 di hari kedua penyelenggaraan, Sabtu 20 Juli 2019. Tambahan tujuh medali emas yang diraih dari cabang olahraga atletik dan renang mengantar kontingen Merah-Putih ke urutan teratas.

Cabang atletik berhasil menyumbang tiga emas di hari kedua ASG. Erna Nuryanti yang tampil di nomor lari 100 meter putri, berhasil menjadi yang tercepat dan berhak menerima medali emas.

Kemudian, Ayu Fitriani sukses menggandakan medali emas Indonesia di cabang atletik pada hari kedua dari nomor tolak peluru putri. Bukan cuma itu, Ayu juga mampu memecahkan rekor nasional remaja dengan jarak lemparan 14,41 meter.

Atletik belum berhenti menyumbang emas. Satu medali emas lainnya dari atletik disumbang oleh Adith Rico Pradana di nomor lari 100 meter putra.

Bukan cuma atletik yang berhasil menyumbang medali emas. Renang bahkan berhasil mempersembahkan empat medali emas dari 10 nomor yang dipertandingkan di hari kedua.

Emas pertama diraih oleh Andi Muhammad Nurrizka dari nomor 100 meter gaya dada putra. Medali emas lainnya kemudian disumbang lagi oleh Adelia dari nomor 100 meter gaya dada putri.

Belum puas meraih dua emas, renang kembali menambah pundi emasnya dari nomor mix relay 400 meter. Kuartet Farrel Armando, Adinda Kusuma, Pande Made dan Fuzziyah, tampil maksimal di nomor ini dan menyumbang emas ketiga dari cabang renang.

Medali emas terakhir dari cabang renang disumbang oleh Rasief Amelia Yaqin. Rasief juga tampil maksimal dan sukses menjadi yang tercepat di nomor 800 meter gaya bebas putra.

Berkat tambahan tujuh emas, Indonesia sementara memuncaki klasemen ASG 2019 dengan koleksi 13 emas, 8 perak, dan 11 perunggu.

Indonesia berhasil menggeser Thailand yang turun ke posisi kedua dengan catatan 11 emas, 12 perak, dan 5 perunggu. Posisi ketiga ditempati Malaysia dengan 8 emas, 10 perak, serta 5 perunggu. (one)