Medali Emas di Usia 34 Tahun, Agus Prayogo Menolak Tua

Pelari nasional, Agus Prayogo
Sumber :
  • VIVA/Robbi Yanto

VIVA – Pelari nasional, Agus Prayogo, pada 23 Agustus 2019 akan berusia 34 tahun. Usia yang bisa dikatakan senja untuk seorang atlet. Meski begitu, pria kelahiran Bogor, Jawa Barat, ini menolak dikatakan sudah uzur.

Agus merasa masih mampu bersaing dengan atlet-atlet muda nasional lainnya. Dia membuktikan di Kejurnas Atletik U-18, U-20, dan Senior yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, 1 sampai 7 Agustus 2019.

Agus berhasil meraih dua medali emas di nomor 10.000 meter senior putra dan nomor 5.000 meter. Itu membuat dirinya semakin termotivasi untuk meraih kepingan emas di SEA Games 2019 yang akan digelar di Filipina, November mendatang.

"Dari situ saya bisa mengetahui seperti apa kemampuan saya saat ini.  Saya sangat bersyukur dan senang bisa mencapai target yang ditentukan pelatih sehingga bisa menjadi tolak ukur atau batu loncatan menuju SEA Games," kata Agus saat ditemui di acara jumpa pers Garmin Run di Senayan, Jakarta, Kamis 8 Agustus 2019.

"Kalau dibilang tua, saya kira tidak demikian. Justru, di usia saya saat ini merupakan usia yang produktif untuk pelari jarak jauh," tegas Agus.

Di SEA Games nanti, atlet yang sekaligus TNI itu bakal tampil di tiga nomor yakni 5.000 meter, 10.000 meter, dan  maraton.

Dari ketiga nomor itu, Agus menjanjikan bisa memberikan minimal satu emas untuk Indonesia. "Saya optimistis di tiga nomor tersebut paling tidak bawa pulang satu medali emas," ucap Agus.

Agus Prayogo, namanya memang tidak setenar Lalu Muhammad Zohri. Namun, dia memiliki segudang prestasi untuk Indonesia. Agus juga menjadi salah satu andalan Indonesia di Asian Games 2018. Agus turun di cabang maraton, namun ia gagal mencapai garis finis karena cedera.

Sepanjang kariernya, Agus berhasil meraih puluhan medali. Di ajang SEA Games, emas pertama yang ia persembahkan untuk Indonesia adalah pada SEA Games 2009 di Laos. Saat itu, Agus berhasil meraih emas di nomor lari 10.000 meter.

Di SEA Games edisi 2011 yang digelar di Jakarta dan Palembang, Agus tampil beringas. Dia sukses memborong dua medali di nomor lari 5.000 dan 10. 000 meter.

Tak sampai di situ, Agus juga kembali meraih dua medali di SEA Games 2015, Singapura. Dia mempersembahkan medali perak 5000 meter dan medali emas 10.000 meter. (one)