Dahsyat, Fajar/Rian Hancurkan Bulutangkis Korea di Kejuaraan Dunia

BWF World Championships 2019.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Ada fakta menarik di balik keberhasilan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto lolos ke semifinal Kejuaraan Dunia Bulutangkis alias BWF World Champiships 2019.

Ternyata kemenangan atas ranking 23 dunia, Choi SolGyu/Seo Seung Jeo tak cuma membuat Fajar/Rian menuntaskan dendam atas kekalahan mereka di Australian Open 2019.

Tapi juga membalaskan dendam atas kekalahan yang dialami Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di laga perdana.

Hanya saja yang paling menjadi isu besar ialah, kemenangan Fajar/Rian dalam pertarungan yang berlangsung selama 43 menit St Jakobshalle di Basel, Switzerland, Sabtu dinihari 24 Agustus 2019 itu, menjadi penentu nasib Korea Selatan di Kejuaraan Dunia.

Kekalahan Choi/Seo menjadi akhir perjalanan negeri ginseng di ajang bulutangkis tertinggi dunia. Kekalahan Choi/Seo membuat Korea Selatan harus pulang kampung dengan tangan hampa tanpa gelar apapun.

Yang paling tragisnya, Fajar/Rian secara tak langsung menjadi penghancur bulutangkis Korea Selatan. Sebab, jangankan medali emas. Perak dan perunggu pun tak didapatkan Korea dari BWF World Championships 2019.

Sebab, Choi/Seo merupakan wakil Korea Selatan paling terakhir yang tersingkir dari Kejuaraan Dunia 2019.

Di ajang ini Korea Selatan sebelumnya mengerahkan 12 pebulutangkis. Dan Choi/Seo merupakan satu-satu wakil Korsel di sektor ganda putra.

Sebenarnya sepakterjang Korea Selatan di Kejuaraan Dunia cukup baik, terbukti mereka saat ini menempati peringkat 4 daftar peraih medali terbanyak di BWF World Championships. Sejak kejuaraan ini pertama kali digelar pada 1977, Korea Selatan telah mengkoleksi 53 medali. Dengan rincian 10 medal emas, 13 perak dan 30 perunggu.

Namun di tahun 2019 ini mereka benar-benar tak mendapatkan apa-apa karena tak seorang pun pebulutangkis Korea Selatan yang melaju ke semifinal.

Untuk diketahui, dalam pertarungan di perempatfinal, Choi/Seo dikalahkan Fajar/Rian dalam  dua game dengan angka 21-13 dan 21-17.

Baca: Chen Long Tumbang, Bulutangkis China Hancur di Kejuaraan Dunia 2019