Nasib Buruk Anthony Ginting dan Chen Long Usai Kejuaraan Dunia 2019

Anthony Ginting.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Nasib Anthony Sinisuka Ginting semakin miris saja. Usai dilangsungkannya Kejuaraan Dunia Bulutangkis alias BWF World Championships 2019, ranking bulutangkisnya bukannya semakin membaik. Tapi malahan semakin memburuk saja.

Dalam daftar ranking bulutangkis dunia terbaru di pekan 35, Rabu 28 Agustus 2019, posisi Anthony Sinisuka Ginting anjlok dari ranking dari ranking 8 ke peringkat 9 dunia.

Apa yang dialami Ginting ini memang buka karena merosotnya perolehan angka. Malahan dari Kejuaraan Dunia 2019 Ginting bisa meraup poin. Pekan lalu koleksi poin Ginting berada di angka 66.012, saat ini sudah naik menjadi 66.172 poin.

Ginting melorot ke ranking 9 dunia akibat ulah raja bulutangkis Eropa, Anders Antonsen. Tahu kenapa?

Tunggal putra Denmark ini berhasil melonjakan peringkatnya dari posisi 9 menjadi ranking 5 dunia atau naik 4 peringkat dari pekan lalu.

Anders melompat ke ranking 5 dunia setelah tampil gemilang di Kejuaraan Dunia 2019, peraih medali emas European Games 2019 ini secara mengejutkan merebut medali perak BWF World Championships 2019.

Dari Kejuaraan Dunia 2019 Anders mendapatkan poin yang cukup banyak untuk mendongkrak rankingnya. Saat ini perolehan angkanya sebanyak 72.949    atau naik sebesar 7.400 angka. Pekan lalu Anders hanya mengantongi poin 65.549.

Kenaikan ranking Anders ini tak cuma berdampak pada diri Anthony Sinisuka Ginting saja. Tapi tercatat ada 3 tunggal putra lainnya yang harus rela turun 1 peringkat.

Yakni Chen Long yang turun dari ranking 5 ke ranking 6, Viktor Axelsen anjlok dari ranking 6 ke 7 dan Son Wan Ho dari ranking 7 ke peringkat 8 dunia.

Namun, khusus untuk Viktor Axelsen dan Son Wan Ho tentu penurunan ranking ini buka hal yang mengejutkan. Sebab mereka tak tampil di Kejuaraan Dunia 2019, karena keduanya masih mengalami cedera.

Baca: Fajar/Rian Rebut Ranking 6 Dunia dari Tangan Pebulutangkis China