Juara All England Kalahkan Ratu Olimpiade di Final China Open 2019

Chen Qingchen/Jia Yifan
Sumber :
  • Repro Instagram

VIVA – Chen Qingchen/Jia Yifan berhasil merampas mahkota juara ganda putri turnamen BWF Super 1000, China Open dari tangan Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi.

Mahkota juara China Open yang sudah setahun dikuasai ranking 3 dunia itu akhirnya harus berpindah tangan. Sebab di final China Open 2019, Misaki/Ayaka ditumbangkan Chen/Jia.

Dalam pertandingan final yang dilangsungkan di Olympic Sports Center Gymnasium, Changzhou, China, Minggu, 22 September 2019, Misaki/Ayaka benar-benar tak berdaya menghadapi wakil tuan rumah itu.

Pada game pertama saja, penguasa tahta juara All England Open 2019 itu dengan mudah merebut kemenangan dengan angka yang cukup telak 21-14.

Meski unggul ranking, tapi terlihat jelas ada penurunan kualitas dialami Misaki/Ayaka. Dengan mudahnya Chen/Jia menggempur pertahanan mereka. Padahal selama ini duo Jepang peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 itu terkenal sangat alot untuk ditembus.

Terbukti di semifinal kemarin, penguasa ranking 2 dunia, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota dibuat kewalahan menembus pertahanan Misaki/Ayaka.

Di pertandingan game pertama final melawan Chen/Jia, pertahanan itu seolah sudah roboh. Mereka hanya mampu mengimbangi duo China itu hingga angka sama kuat 10-10, setelah itu mereka babak belur.

Pada game kedua, kondisi tak jauh berbeda. Misaki beberapa kali harus jatuh berguling di lapangan akibat tak mampu membendung bola-bola dropshot yang dilepaskan Chen dan Jia secara bergantian. Ditambah lagi mereka berada di bawah tekanan suporter tuan rumah.

Yang parahnya, Misaki/Ayaka cuma mampu mengimbangi angka pada kedudukan 2-2 saja, selanjutnya perolehan poin mereka tercecer jauh dari Chen/Jia. Sampai akhirnya pada menit 40 Chen/Jia merebut kembali tahta juara turnamen berhadiah 1.000.000 Dolar AS itu dari tangan Misaki/Ayaka dengan memenangkan game kedua dengan angka 21-18.

Perlu diketahui, Chen/Jia menjuarai China Open pada 2017. Tapi di tahun berikutnya mereka gagal mempertahankan gelar itu dan akhirnya Misaki/Ayaka membawa pulang tahta juara China Open 2018 ke negeri sakura.

Baca: Anthony Ginting Si Pembunuh Raksasa Tumbang di Final China Open 2019