Taklukkan Ahsan/Hendra, Kevin/Marcus Juara China Open 2019

BWF World Tour.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Laga final merebut tahta  juara ganda putra turnamen BWF Super 1000, China Open 2019, antara Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dengan sang juara dunia 2019, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berlangsung sengit.

Pertarungan yang dilangsungkan di Olympic Sports Center Gymnasium, Changzhou, China, Minggu, 22 September 2019 terpaksa dituntaskan melalui rubberga,e.

Laga berlangsung sangat ketat sejak awal game, baik The Minions maupun The Daddies tampil sangat berhati-hati. Tempo pertandingan pun tak secepat biasanya.

Penguasa ranking 1 dan 2 dunia itu benar-benar irit dalam melepas smes, mereka lebih mengefektifkan permainan bola-bola pendek menyilang. Hasilnya perolehan poin berjalan ketat. Pada jeda saja, di menit 5 Kevin/Marcus cuma unggul 11-10 dan Ahsan/Hendra.

Usai jeda, tak ada peningkatan tempo serangan dari kedua pasangan. Hanya saja masih ada kesalahan-kesalahan yang diperbuat kedua pasangan. Hingga memasuki waktu krusial jelang akhir game pertama poin masih setia saling salip dengan jarak selisih cuma 1 angka saja.

Angka baru melebar saat laga memasuki menit 9, Kevin/Marcus unggul 20-18. Dan akhirnya Kevin/Marcus menguasai kemenangan game pertama di menit 10 dengan angka 21-18.

Di game kedua, kedua pasangan masih belum juga mengeluarkan serangan cepat dan gempuran smes-smes mematikan yang biasa mereka peragakan ketika berhadapan dengan lawan lainnya. Sama seperti game pertahan, angka mengalir sangat ketat.

Hingga jeda saja, Kevin/Marcus menutup game dengan keunggulan sementara 11-9. Tapi usai jeda, Ahsan/Hendra berhasil mendapatkan 6 angka beruntun untuk menyamakan angka dan berbalik unggul pada angka 11-14.

Tak cuma itu, Ahsan/Hendra dengan cepat bisa mengerek poin hingga unggul jauh 20-14. Kevin/Marcus berusaha mengejar. Sayang, pada menit 24, Ahsan/Hendra telah menutup laga dengan kemenangan angka 21-17.

Ini merupakan pertemuan keempat Kevin/Marcus dan Ahsan/Hendra di sebuah turnamen. Sebelumnya mereka juga bentrok di final Japan Open 2019, Indonesia Open 2019 dan Indonesia Masters 2019. Dan semua pertemuan disapu bersih dengan kemenangan dan gelar juara oleh Kevin/Marcus.

Di game terakhir atau penentu, barulah tempo pertandingan meningkat drastis, Kevin/Marcus mulai menggelar atraksi gempuran khas mereka. Begitu juga sebaliknya, Ahsan/Hendra juga meladeni dengan serangan-serangan maut mereka hingga laga pun berlangsung sengit.

Tapi memang Kevin/Marcus lebih ganas, gempuran mereka berhasil membuat mereka unggul sementara dengan selisih angka cukup jauh di awal game pada kedudukan 8-2. Saat jeda mereka masih unggul 11-4.

Selepas jeda dan pergantian lapangan pun Kevin/Marcus tak henti menggempur pertahanan senior mereka itu, poin mereka meroket dan  akhirnya pada menit 40 ,Kevin/Marcus memastikan kemenangan dengan angka telak 21-15

Dengan kemenangan ini, maka Kevin/Marcus resmi mengkawinkan 2 gelar tahta juara BWF Super 1000, yakni Indonesia Open 2019 dan China Open 2019.

Sementara satu gelar juara BWF Super 1000 lainnya, yaitu All England Open 2019 telah digenggam Ahsan/Hendra.

Kevin/Marcus buka baru kali ini saja menjuarai China Open. Mereka pernah menjuarai turnamen berhadiah 1.000.000 Dolar AS ini dua kali beruntun pada 2016 dan 2017,

Baca: Juara All England Kalahkan Ratu Olimpiade di Final China Open 2019