Duel Gregoria Tunjung Vs Ranking 1 Dunia di Korea Open Berakhir Tragis

Gregoria Mariska Tunjung.
Sumber :

VIVA – Duel perebutan tiket semifinal turnamen BWF Super 500, Korea Open 2019, antara Gregoria Mariska Tunjung dengan runnerup China Open 2019, Tai Tzu Ying di perempatfinal turnamen BWF Super 500, Korea Open 2019, berakhir sangat tragis.

Bagaimana tak tragis, Gregoria beberapa kali memiliki peluang memenangkan duel.  Baik di game pertama dan juga game kedua. Hanya saja semua itu gagal terlaksana. Padahal, dia kedua game itu dia hanya membutuhkan 1 poin saja untuk menang.

Dalam duel perebutan tiket menuju semifinal turnamen berhadiah total 400.000 Dolar Amerika Serikat yang dilangsungkan di Incheon Ariport Skydome, Incheon, Korea Selatan, Jumat sore, 27 September 2019, Gregoria sebenarnya tampil ganas.

Meski cuma bermodal ranking 17 dunia, Gregoria tak gentar sama sekali menghadapi Tai Tzu Ying.

Terbukti di game pertama Tai dibuat kewalahan dengan sambaran-sambaran cepat Gregoria. Bahkan hanya dalam 5 menit saja di jeda Gregoria sudah unggul jauh 5-11.

Namun, selepas jeda. Kondisi berbalik, Tai mulai memperlihatkan kekuatannya. Pebulutangkis Taiwan ini dengan mudahnya mengejar perolehan angka dan pada menit ke-5 Tai sudah bisa menyamakan angka 14-14.

Duel semakin memanas ketika Gregoria kembali unggul dan berpeluang merebut kemenangan, saat itu dia unggul 19-20. Hanya saja dia gagal, Tai berhasil memaksakan terjadi pada kedudukan 20-20. Jelang akhir game Tai malah mampu membalikkan keadaan, setelah dua kali upaya menang digagalkan Gregoria, akhirnya pada menit 15 Tai menutup game dengan kemenangan dramatis 24-22.

Pada game kedua pun sama, Gregoria mengganas di awal laga. Dengan cepatnya dibisa unggul 1-6. Sayangnya, untuk kesekian kalinya pula Tai bisa membalikkan keadaan. Tak butuh waktu lama bagi Tai untuk berbalik unggul. Malahan saat jeda Gregoria yang tertinggal 11-10.

Selepas jeda Gregoria kembali mampu membuat Tai kewalahan. Usai menyamakan poin 13-13. Gregoria berhasil berbalik unggul dan melesat angka pada skor 13-18. 

Di menit 30 Gregoria membuka peluang menang dengan unggul jauh 14-20. Namun, duel ini benar-benar berakhir tragis, Tai bisa mengejar ketertinggalan angka dan berbalik unggul serta merebut kemenangan kedua dengan angka 22-20 di menit 32.

Ini merupakan pertemuan keempat Tai dan Gregoria, di 3 duel sebelumnya Gregoria tak pernah bisa mengalahkan Tai.

Dengan kemenangan ini Tai lolos ke semifinal untuk menghadapi Ratchanok Intanon yang memenangkan duel dengan Sayaka Takahashi.

Baca: Mengejutkan, Juara All England Dipecundangi Kim/Kong di Korea Open