Shesar Kubur Mimpi Jonatan Christie Kejar Rekor Anthony Ginting

BWF World Tour.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Hingga detik ini, Jumat 4 Oktober 2019, Jonatan Christie masih belum mampu menyamakan catatan prestasi Anthony Sinisuka Ginting di turnamen bulutangkis dunia selama berkarier di cabang olahraga ini.

Sebab hingga mendekati akhir tahun 2019, tak ada satupun turnamen BWF yang levelnya di atas Super 300 yang mampu dijuarai Jojo. Sejauh ini Jojo cuma mampu menjuarai dua turnamen Super 300 yakni di New Zealand Open 2019 dan Australian Open 2019.

Selama tahun 2019 ini, sudagb 4 turnamen BWF Super 500 yang diikutinya, Jojo tak berdaya menjuarai satu pun turnamen di level ini mulai dari Malaysia Masters, Indonesia Masters, Singapore Open dan Korea Open.

Apalagi di BWF Super 700, lihat saja dari dua turnamen kasta tertinggi kedua di dunia yang pernah diikuti Jojo sepanjang tahun ini, prestasi tertingginya cuma lolos ke final Japan Open 2019. Sedangkan di Malaysia Open 2019, dia hanya bisa melaju sampai semifinal saja.

Bahkan yang paling tragis tentunya turnamen BWF Super 1000. Dari tiga turnamen level ini yang telah diikuti Jojo, tak ada satupun yang dituntaskan dengan meraih gelar juara. Malahan, Jojo tak pernah bisa sampai ke semifinal.

Prestasi terbaik Jojo hanya mampu menembus perempatfinal Indonesia Open, di All England Open dia tersingkir di babak 16 besar. Dan yang parah tentunya di China Open, mimpi Jojo bisa menjuarai turnamen ini dikubur oleh rekan senegaranya sendiri Jojo, Shesar Hiren Rhustavito.

Dan yang paling memalukan lagi, di atas kertas Jojo dijagokan bakal mudah melibas Shesar, hal itu mengingat perbedaan ranking dunia antara keduanya yang berbanding jauh. Jojo merupakan penguasa ranking 6 dunia, sedangkan Shesar cuma berstatus sebagai pemegang ranking 26 dunia.

Sementara itu, meski tahun 2019 ini mendapatkan gelar juara apapun. Tapi Anthony Sinisuka Ginting pernah merebut tahta juara BWF Super 1000, yakni di China Open 2018. Lalu dia juga pernah merengkuh 2 gelar juara BWF Super 500, yaitu Indonesia Masters 2018 dan Korea Open 2017.

Memang, peluang Jojo untuk bisa naik ke podium juara turnamen level atas Super 300 masih terbuka. Tapi itupun semakin menipis, sebab sebelum akhir tahun ini cuma tersisa 3 turnamen BWF Super 750. Mulai dari Denmark Open, French Open dan Fuzhou China Open. Dan ada turnamen BWF Super 500 yakni Hong Kong Open.

Baca: Ternyata Diam-diam Ada Persaingan Panas Kevin/Marcus dan Fajar/Rian