Bantai Pemain China, Gadis Jepang Juarai Kejuaraan Dunia Bulutangkis

BWF World Junior Championships 2019.
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA – Riko Gunji merebut medali emas tunggal putri Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior atau BWF World Junior Championships 2019, setelah di final mengalahkan Zhou Meng

Duel perebutan gelar Juara Dunia Junior tunggal putri yang dilangsungkan di Kazan Gymnastics Center, Kazan, Republic of Tatarstan, Russia, Minggu malam 13 Oktober 2019, berlangsung sengit.

Pada game pertama Riko Gunji dengan mudah mengalahkan Zhou Meng dengan angka telak 21-13. Namun di game kedua, Zhou membalasnya, gadis China itu  merebut kemenangan dengan angka yang juga telak 12-21. Duel pun harus dituntaskan melalui rubbergame.

Kegagalan mengalahkan Zhou di game kedua ternyata cukup membakar semangat Riko. Di game penentu dia bermain garang, terbukti dia langsung memimpin perolehan angka bahkan saat jeda pergantian arena pun dia masih unggul 11-8.

Usai jeda Riko semakin ganas, dalam sekejap perolehan angkanya melejit 16-9. Dan akhirnya Riko menuntaskan perlawanan Zhou dengan angka sangat telak 21-14.

Sebelumnya tahta Juara Dunia Junior tunggal putri dipegang pemain Malaysia, Goh Jin Wei. Namun, tahun 2019 ini Goh tak tampil lagi di ajang ini.

China merupakan penguasa gelar Juara Dunia Junior tunggal putri terbanyak, sejauh ini mereka telah mendapatkan 8 gelar juara. Gelar juara terakhir diraih Chen Yufei yang kini sudah main di level senior.

Sedangkan Jepang baru mengkoleksi 3 gelar juara. Ketiga gelar juara didapatkan Nozomi Okuhara pada tahun 2012 dan Akane Yamaguchi pada tahun 2013 dan 2014.

Baca: Menyedihkan, Leo/Indah Tumbang di Final Kejuaraan Dunia Bulutangkis