Pemuda Thailand Bikin Geger Kejuaraan Dunia Bulutangkis

BWF World Junior Championships 2019.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Lagi-lagi bulutangkis Thailand membuat geger dunia, mereka kembali menciptakan sejarah baru. Untuk kedua kalinya negeri gajah putih berhasil menguasai tahta Juara Dunia Junior tiga kali secara beruntun.

Kali ini sejarah diciptakan Kunlavut Vitidsarn. Dia merebut gelar juara ketiga secara beruntun usai memenangkan duel di final tunggal putra Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior atau BWF World Junior Championships 2019.

Kunlavut merebut medali emas ketiga Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior usai membantai pebulutangkis Prancis, Cristo Popov.

Dalam duel final yang dilangsungkan di Kazan Gymnastics Center, Kazan, Republic of Tatarstan, Russia, Minggu malam 13 Oktober 2019, Kunlavut mengalahkan Popov dalam dua game dengan angka telak 21-18 dan 21-11.

Sebelumnya Kunlavut dalam dua tahun pada 2017 dan 2018 beruntun menguasai medali emas tunggal putra Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior.

Kunlavut merupakan pebulutangkis Thailand kedua yang bisa menjuarai ajang ini tiga kali beruntun. Sebelumnya prestasi serupa diciptakan Ratchanok Intanon. Dia menjuarai tunggal putri Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior pada tahun 2009, 2010 dan 2011.

Sejak ajang ini pertama kali digelar pada 1992, belum ada pebulutangkis dari negara manapun di dunia yang menyamai rekor dua pebulutangkis Thailand ini.

Baca: Bantai Pemain China, Gadis Jepang Juarai Kejuaraan Dunia Bulutangkis