Juara Dunia Lagi, Leo Rolly Carnando Bibit Unggul Bulutangkis INA

Leo Rolly Carnando
Sumber :
  • PBSI/badmintonindonesia.org

VIVA – Leo Rolly Carnando menambah koleksi gelarnya tahun ini. Leo bersama Daniel Marthin menyabet gelar juara dunia bulutangkis junior 2019 untuk kategori ganda putra. Leo/Daniel pun sukses memutus puasa gelar juara dunia ganda putra Indonesia sejak tahun 1992. Dengan skor akhir 21-19, 21-18, Leo/Daniel berhasil menaklukan unggulan pertama China, Di Zijian/Wang Chang.

Leo Rolly Carnando bisa dibilang bibit unggul yang layak dinantikan kiprahnya di level senior. Atlet muda kelahiran Klaten, Jawa Tengah ini, sudah punya segudang gelar besar sejak masuk Pelatnas tahun 2018. Leo adalah pemain rangkap yang juga berpasangan dengan Indah Cahya Sari Jamiel di nomor ganda campuran.

Tercatat, Leo/Indah adalah juara dunia junior ganda campuran 2018. Meski kembali masuk final juara dunia tahun ini, Leo/Indah gagal mempertahankan gelar dan harus puas dengan posisi runner up. Dari kekalahannya di ganda campuran, Leo berusaha bangkit di nomor ganda putra dalam final kejuaraan dunia junior di Kazan, Rusia, Minggu, 13 Oktober 2019.

"Saya sempat ragu dan tegang, masa sih masuk ke final di dua nomor, enggak ada satu pun yang juara? Akhirnya saya merasa senang sekali bisa juara karena sudah lama Indonesia tidak dapat gelar juara dunia junior di ganda putra," kata Leo, seperti dikutip VIVA dari laman badmintonindonesia.org.

Meski sudah bergelar juara dunia 2018 bersama Indah, Leo Rolly Carnando jadi pusat perhatian sejak Asia Junior Championships 2019, Juli lalu. Atlet yang lahir pada 29 Juli 2001 ini mengukir sejarah sebagai pemain Indonesia yang pernah menyabet dua gelar sekaligus dalam ajang tersebut. Bersama Indah, Leo juara AJC 2019 di ganda campuran dan bersama Daniel, Leo juara AJC 2019 ganda putra.

Makin lengkap, Leo Rolly Carnando dan tim junior Indonesia juga meraih Piala Suhandinata 2019, membawanya kembali pulang setelah hampir dua dekade melanglang buana. Gelar lain yang dimiliki atlet dari PB Djarum ini antara lain bersama Daniel Marthin meraih Malaysia International Series 2019, Jaya Raya Junior 2019, dan lain-lain.

Ketenangan Leo dalam setiap laga yang dimainkannya memang sering dapat pujian. Leo juga sering disebut betenaga 'kuda' karena main rangkap dengan enerji yang seolah tak pernah habis. Di level senior, Leo Rolly Carnando kabarnya akan fokus pada ganda putra, bersama pasangannya saat ini, Daniel Marthin. Semoga makin bersinar!