Anthony Ginting Alami Kekalahan Tragis di Denmark Open

BWF World Tour.
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA – Penguasa ranking 8 dunia asal Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting secara mengejutkan ditumbangkan pebulutangkis Prancis, Brice Leverdez di laga perdana BWF World Tour Super 750, Denmark Open 2019.

Dalam duel yang dilangsungkan di dense Sportspark, Odense V, Denmark, Selasa malam 15 Oktober 2019, Anthony mengalami kekalahan yang cukup membuat kecewa diri.

Bagaimana tidak, di duel itu dia sempat menang lebih dahulu. Namun, akhirnya harus angkat kaki dari arena karena menderita kekalahan di dua game berikutnya.

 Sejak game pertama dimulai Anthony langsung menekan Brice, hasilnya dia membuka game dengan raihan 3 poin beruntun. Namun, keunggulan Anthony tak berlangsung lama, penguasa ranking 36 dunia itu langsung membalas dengan 4 angka beruntun untuk mengubah angka di papan skor jadi 3-4.

Mendekati pertengahan game, Anthony kembali bisa mengendalikan permainan, perolehan angkanya pun melejit dan berbalik unggul pada kedudukan 9-5. Hingga jeda, Anthony masih bisa mempertahankan keunggulan walaupun kini jarak angka telah menipis 11-10.

Selepas jeda, enam angka beruntun didapatkan Anthony untuk memperlebar keunggulan jadi 17-10. Brice berusaha mengejar angka. Tapi upaya itu tak gagal membuahkan hasil maksimal, sebab di menit 17 Anthony menutup game dengan kemenangan 21-16

Pada game kedua, Brice berusaha menguasai laga, terbukti dia mampu unggul angka lebih dahulu 0-2. Setelah itu Anthony membalasnya hingga reli poin terjadi, sampai akhirnya Anthony berbalik unggul di menit 26 pada kedudukan 7-6.

Tapi pada jeda turun minum situasi berubah drastis, malah Brice yang bisa unggul angka dari Anthony dengan kedudukan sementara 9-11.

Usai istirahat, duel semakin sengit saja, Brice yang sudah unggul berusaha terus mempertahankan posisi  dan berusaha mencuri kemenangan untuk menciptakan rubbergame.  Bahkan di menit 36, Brice semakin menjauh dari Anthony dengan skor sementara 14-18.

Memasuki waktu genting, Anthony meningkatkan tensi pertandingan agar bisa mengejar angka Brice. Upaya Anthony tak sia-sia, di menit 42 dia akhirnya bisa menyamakan angka 19-19.

Setelah angka sama kuat  di bibir jurang akhir game, Anthony malah mengendor dan Brice berbalik unggul lagi, malahan dia berhasil memenangkan game kedua dengan angka 19-21.

Pada game terakhir, semangat Brice sangat berkobar untuk bisa mengusir Anthony dari Denmark Open 2019, di awal game saja dengan mudah dia unggul 0-3.

Energi Anthony terlihat sudah mulai drop dan hal itu dimanfaatkan betul oleh Brice untuk menguasai laga. Terbukti Brice mampu melebarkan keunggulan hingga kondisi telak pada angka 2-8. Dan akhirnya Brice menutup jeda dengan keunggulan jauh 3-11.

Setelah jeda pertukaran arena, kondisi tak berubah. Brice masih leluasa menguasai duel. Memasuki waktu krusial Brice masih memimpin dengan keunggulan 7-15. Anthony terlihat semakin kelelahan, beberapa kali dia menghentikan laga hanya untuk mencuri waktu untuk istirahat.

Pada menit 64, Anthony tak juga bisa menyamakan angka malahan dia tercecer pada angka 11-17.

Anthony berusaha terus merebut angka untuk memperkecil jarak angka, meski harus beberapa kali minta lapangan dibersihkan. Di sisi lain Brice juga mulai diterpa kelelahan. Hal itu dimanfaatkan Anthony perlahan tapi pasti poin demi poin didapatkan Anthony dan jarak angka menipis di ujung laga pada kedudukan 17-19.

Malahan di menit 69, secara ajaib dan mengejutkan Anthony berhasil menyamakan angka 19-19 dan berbalik unggul 20-19.

Sayang Anthony malah gagal merebut kemenangan karena Brice bisa menyamakan angka 20-20. Dan kembali berbalik unggul 20-21. Akhirnya di menit 70, Brice mengunci kemenangan dengan angka dramatis 20-22.

Ini merupakan pertemuan keempat Anthony dengan Brice, dalam tiga pertemuan sebelumnya penguasa ranking 36 dunia itu tak pernah sekalipun mencicipi kemenangan dari Anthony.

Di babak 16 besar, Anthony bakal menghadapi pemenang duel antara Hans-Kristian Solberg Vittinghus dengan wakil RI, Tommy Sugiarto.

Baca: Nasib Lin Dan Semakin Tragis, Hancur Lagi di Laga Perdana Denmark Open