14 Pebulungkis Tumbang, Tuan Rumah Denmark Open Babak Belur

BWF World Tour.
Sumber :
  • Ig Mathias Boe

VIVA – Nasib buruk negara tuan rumah BWF World Tour Super 750, Denmark Open 2019. Negara ini dipastikan telah tersingkir dari perebutan gelar juara.

Bahkan Denmark dipastikan telah kehilangan peluang merebut gelar juara di empat sektor sekaligus. Yakni tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran.

Penyebabnya, semua pebulutangkis yang berlaga di keempat sektor itu harus menelan kekalahan di laga perdana yang diselenggarakan dalam dua hari kemarin, Selasa hingga Rabu 15-16 Oktober 2019.

Sebagai tuan rumah dan pemegang gelar juara terbanyak dengan 135 gelar juara tentu hal ini sangat menyakitkan dan memalukan sekali. Apalagi Denmark merupakan kiblat bulutangkis bagi bangsa Eropa.

Di hari pertama saja, ada enam wakil Denmark yang tumbang. Mulai dari Line Hojmark Kjaersfeldt, Hans Kristian Solberg Vittinghus, Jan O Jorgensen, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, Mathias Boe/Mads Conrad-Petersen, dan Christine Busch/Amelie Schulz.

Lalu di hari kedua, giliran Maike Fruergaard/Sara Thygesen, Amalie Magelund/Freja Ravn dan Mia Blichfeldt yang harus angkat kaki dari Odense Sportspark, Odense V.

Saru-satunya gelar juara yang bisa didapatkan Denmark ialah di sektor tunggal putra. Di sektor ini, ada tiga wakil Denmark yang belum terkalahkan. Di antaranya Viktor Axelsen, Anders Antonsen dan Rasmus Gemke.

Kondisi ini tentu saja sangat merugikan bagi Denmark, sebab sudah dua tahun ini mereka tak pernah juara di turnamen berhadiah 775.000 Dolar Amerika Serikat ini.

Tahta juara terakhir yang mereka dapatkan di sektor ganda campuran pada Denmark Open 2016 melalui Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen.

Perlu diketahui, sejak Denmark Open digelar pada tahun 1935, sudah ada 335 gelar juara yang beredar dan tuan rumah menjadi negara terbanyak merebut gelar juara dengan jumlah 135 gelar juara.

Gelar juara terbanyak diraih Denmark dari sektor ganda campuran dengan 36 gelar. Lalu tunggal putra 33 gelar juara, disusul tunggal putri dengan 26 gelar juara, lalu ganda putra dengan 21,5 gelar juara dan ganda putri dengan 18,5 gelar juara.

Baca: Menyedihkan, Genap 27 Tahun Tunggal Putri RI Gagal Juarai Denmark Open