Dramatis, Ahsan/Hendra Hajar Ganda Militan Malaysia di French Open

Ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.
Sumber :
  • PBSI

VIVA – Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan akhirnya melaju ke babak kedua BWF World Tour Super 750, French Open 2019 setelah memenangkan pertarungan sengit melawan ganda militan Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi.

Dalam laga yang dilangsungkan di  di Stade Pierre de Coubertin, Paris, Prancis, Kamis dinihari 24 Oktober 2019, juara All England Open 2019 itu dipaksa bermain rubbergame dalam durasi lebih dari 40 menit.

Sejak game pertama dimulai sang Juara Dunia 2019 itu langsung menekan pertahanan Ong/Teo, terbukti dengan mudahnya Ahsan/Hendra unggul cepat 4-2. Hanya saja dalam waktu cepat ganda negeri jiran itu bisa menyamakan angka 4-4.

Setelah terjadi kejar mengejar angka akhirnya sebuah bola pendek dari Ahsan ke depan net menggenapkan perolehan angka The Daddies di jeda pertengahan game dengan keunggulan 11-8.

Usai jeda Ong/Teo mendapatkan 4 poin beruntun untuk membalikkan keunggulan menjadi 11-14. Ahsan/Hendra sempat menghentikan laju perolehan poin yang cukup cepat itu dengan 1 poin dan mengubah angka di papan skor jadi 12-14.

Tapi sebuah kejutan tercipta di akhir game, Ong/Teo malah mendapatkan 7 poin beruntun lagi untuk melaju cepat sekaligus merebut kemenangan dengan angka telah 12-21 di menit 10.

Pada game kedua, Ahsan/Hendra tak mau lagi meladeni gaya permainan cepat yang diperagakan ranking 21 dunia itu, dan cara itu efektif. Mereka unggul cepat 4-1 di awal game.

Kali ini Ahsan/Hendra juga benar-benar memanfaatkan bola-bola servis dan juga hasil servis lawan untuk meraup poin. Sayangnya, mendekati pertengahan game Ong/Teo berhasil menyamakan angka pada kedudukan 8-8.

Ahsan/Hendra mendapatkan 2 poin beruntun hasil dari pengembalian lawannya yang terlalu jauh keluar lapangan, skor pun 10-8. Hanya saja untuk kedua kalinya Ong/Teo samakan poin 10-10. Saat jeda Ahsan/Hendra kembali unggul 11-10 setelah sebuah backhand dari Ong melebar keluar lapangan.

Selepas jeda poin kembali imbang setelah bola silang dari Hendra keluar, skor pun 11-11. Kali ini untuk mendapatkan 1 poin tak mudah, kedua pasangan harus terlibat dalam reli-reli dahulu sebelum bisa memetik angka.

Di menit 22 setelah poin imbang 14-14, Ong/Teo menyodok perolehan angka dan berbalik unggul 14-17. Poin mereka melesat karena kesalahan-kesalahan dari penguasa ranking 2 dunia itu.  

Memasuki waktu krusial, Ahsan/Hendra mulai meningkatkan tempo serangan, dan terbukti sangat mujarab, mereka mendapatkan 4 poin beruntun untuk berbalik unggul 18-17.

Pada detik-detik akhir game, Ong/Teo kembali kuasai perolehan angka pada kedudukan 18-19 usai mendapatkan 2 poin beruntun. Sebuah kejutan tercipta, dalam kondisi tertinggal Ahsan/Hendra mendapatkan 3 angka beruntun dan merebut kemenangan dengan angka dramatis 21-19 di menit 27.

Laga pun dituntaskan melalui rubbergame, dan Ahsan/Hendra membuka game penentu dengan 3 angka beruntun melalui bola silang mematikan dari Ahsan, dan kesalahan Ong/Teo, mereka unggul sementara 3-0. Dropshot dari Ahsan memecahkan telor angka Ong/Teo mereka menipiskan poin 3-1.

Ahsan/Hendra juga semakin ganas, smes-smes keras dilepaskan untuk menjebol pertahanan Ong/Teo. Mereka pun mampu mempertahankan keunggulan pada kedudukan 7-5. Akhir Ahsan/Hendra menutup jeda dengan keunggulan 11-7.

Setelah jeda pergantian lapangan Ong/Teo berusaha memancing Ahsan/Hendra untuk terus bermain dalam tempo cepat. Dalam kondisi itu, Ahsan/Hendra terlihat kewalahan dan akhirnya untuk pertama kali di game penentu Ong/Teo berhasil menyamakan angka 12-12 di menit 40.

Melihat lawannya mulai bangkit, Ahsan/Hendra kembali meningkatkan serangan, smes beruntun dilepaskan untuk menjebol pertahanan lawan, hasilnya mereka kembali unggul tipis 1 poin.

Mendekati akhir game, Ahsan/Hendra mulai mengganas Ong/Teo dibuat kocar kacir dengan serangan mereka, dua menit berselang mereka sudah unggul 15-13.

Lagi-lagi sangat disayangkan, Ahsan/Hendra gagal mempertahankan keunggulan, Ong/Teo kembali menyamakan angka 16-16 di menit 43. Laga pun semakin memanas, Ahsan/Hendra kembali unggul dua poin pada kedudukan 18-16. Pertarungan semakin genting ketika poin menipis di skor 19-18.

Ahsan/Hendra pun menekan Ong/Teo, sayangnya sebuah serangan beruntun dari Ahsan di depan net malah gagal akibat tersangkut net hingga angka kembali sama kuat 19-19.

Bukan Ahsan/Hendra namanya jika tak bisa menikmati ketegangan itu, betul saja mereka merebut 2 poin penting untuk menuntaskan perlawanan Ong/Teo dengan menenangkan game dengan angka tipsi 21-19.

Dengan kemenangan ini mereka melaju babak kedua untuk berhadapan dengan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. Ganda India ini baru saja mengalahkan wakil Belanda, Jelle Maas/Robin Tabeling.

Baca: Nahas, Gadis Pembantai Raksasa Dunia di Denmark Tumbang di French Open