Saina Nehwal Keok, Bulutangkis India Hancur di Fuzhou China Open

BWF World Tour.
Sumber :
  • IG Saina

VIVA – Impian India untuk menciptakan sejarah baru menjuarai sektor tunggal putri BWF World Tour Super 750, Fuzhou China Open akhirnya terkubur sudah.

Penyebabnya, ratu bulutangkis India, Saina Nehwal secara tak terduga dikalahkan pebulutangkis muda tuan rumah, Cai Yan Yan di laga perdana turnamen berhadiah total 700.000 Dolar Amerika Serikat itu.

Dalam duel yang dilangsungkan di Haixia Olympic Sports Center, Fuzhou, China, Rabu 6 November 2019, Saina Nehwal dihajar ranking 22 dunia itu dalam dua game tanpa balas.

Pada duel itu, Cai tak gentar meski yang dihadapinya berstatus sebagai penguasa ranking 9 dunia. Terbukti di game pertama saja, Saina sama sekali tak diberi kesempatan menguasai laga. Sejak awal hingga game pertama usai, Cai menguasai perolehan angka tanpa bisa diimbangi Saina. Dan Cai menghancurkan Saina dengan skor telak 21-9.

Di game kedua Saina berusaha bangkit. Memang dia sempat menyulitkan pebulutangkis 19 tahun itu dia awal game dengan menciptakan beberapa kali poin imbang. Hanya saja Saina hanya bisa sempat unggul 3-4 saja. Namun, setelah itu Cai menyamakan angka 4-4 dan melejitkan angka hingga tak terkejar lagi oleh Saina. Dan Cai membekuk Saina dengan angka yang meyakinkan 21-12.

Dengan kemenangan ini Cai melaju ke babak 16 besar untuk berhadapan dengan Busanan Ongbamrungphan. Tunggal putri Thailand ini baru saja mengalahkan pebulutangkis Denmark, Line Højmark Kjaersfeldt.

Sementara itu, kekalahan Saina ini membuat India pulang tanpa gelar juara tunggal putri. Sebab Saina merupakan tunggal putri India terakhir yang bertahan di turnamen ini.

Sebelumnya, unggulan pertama India, Pusarla V Sindhu juga mengalami kekalahan tragis. Juara Dunia 2019 sekaligus tunggal putri terkaya dunia itu dipecundangi ranking 42 dunia dari Tai, Pai Yu Po.

Perlu diketahui, di turnamen ini India memang cuma memiliki dua wakil saja, yakni Pusarla V Sindhu dan Saina Nehwal.

Baca: Mengejutkan, Juara Turnamen Termahal Dunia Tumbang di China Open