Bergemanya GBK Sambut Garuda Muda Berlaga di Piala Asia 2020

Selebrasi Timnas Indonesia U-19 usai lolos putaran final Piala Asia U-19 2020
Sumber :
  • instagram.com/officialpssi/

VIVA – Tim nasional Indonesia U-19 sukses memastikan tiket lolos ke putaran final Piala Asia U-19 tahun 2020 mendatang setelah menjadi juara Grup K. Dalam laga pamungkas penyisihan grup di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUBGK), Jakarta, armada Garuda Muda mampu menahan imbang Korea Utara 1-1, Minggu malam 11 November 2019.

Dalam laga tersebut, Indonesia memang hanya membutuhkan hasil imbang saja untuk bisa memastikan langkah ke pentas putaran final Piala Asia U-19 di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020 mendatang.

Kondisi tersebut tak lepas dari hasil laga Indonesia sebelumnya yang mampu menang melawan Timor Leste dan Hong Kong, sedangkan Korea Utara sempat ditahan imbang Hong Kong 1-1 di laga perdana mereka.

Tertinggal 0-1 lebih dulu di menit 41 saat pemain Korut, Kim Kwang-chong merobek gawang Garuda Muda yang dikawal Ernando Ari Sutaryadi hingga mengantarkan kedua tim jeda turun minum.

Asa Garuda pun akhirnya tercipta di menit 61 saat Bagus Kahfi berhasil dengan dingin mengeksekusi sendiri hadiah penalti yang diberikan wasit Mahmood Al-Majarafi usai dirinya dilanggar bek Korut di kotak terlarang.

Skor 1-1 tersebut akhirnya bertahan hingga peluit panjang tanda selesainya pertarungan dibunyikan. Dengan hasil tersebut indonesia tampil ebagai juara Grup K dengan jumlah poin 7, atau melampaui torehan Korut yang hanya meraih 5 poin.

Ini jadi yang ke-18 kalinya Indonesia mampu tampil di babak putaran final Piala Asia U-19, dimana pada tahun 1961 skuat Merah Putih pernah merebut gelar ajang tersebut saat digelar di Thailand. Lolos ke putaran final Piala Asia U-19 juga akan jadi modal berharga Indonesia untuk mempersiapkan diri tampil pada Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

"Saya bangga dengan pemain. Pertandingan ini sangat ketat dan berat. Mereka sudah sepakat bahwa laga ini adalah pertandingan perjuangan pahlawan. Jadi mereka bertempur habis-habisan." Ungkap pelatih timnas U-19, Fakhri Husaini seusai laga tersebut.

Keberhasilan ini pun disambut suka cita seluruh elemen tim yang tampil apik tepat saat bangsa Indonesia tengah memperingati Hari Pahlawan. "Kami dengan 1 poin tetap di puncak klasemen. Tentu sebuah kebanggaan lolos ke Piala AFC U-19 karena kita tentukan sendiri langkahnya," tegasnya.