Skuat SEA Games, PBSI Tetap Sertakan Personel Juara Dunia Junior

Leo Rolly Carnando (depan) dan Daniel Marthin (belakang).
Sumber :
  • BWF

VIVA – Skuat bulutangkis Indonesia yang berlaga di pentas SEA Games 2019 Manila, Filipina mengalami sedikit perubahan formasi. Armada tim putra berubah dengan masuknya Daniel Marthin yang menggantikan posisi rekan duetnya, Leo Rolly Carnando yang sedianya bisa jadi pelapis ideal bagi penampilan tim dalam kondisi darurat.

Adapun alasan perubahan salah satu personel tim putra tersebut dipaparkan langsung oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI, Susy Susanti. Legenda tunggal putri tersebut menuturkan bahwa saat ini kondisi Leo sedang tidak fit seratus persen.

“Leo diganti Daniel karena kondisinya nggak terlalu bagus. Jadi lebih baik Leo dipersiapkan lagi untuk kedepannya. Karena posisi ini sebagai cadangan, tapi pemain yang diturunkan harus dalam kondisi siap. Kalau tiba-tiba harus dimainkan, siap untuk single, double dan mixed double,” ungkap Susy Susanti dalam situs resmi PBSI.

Dipilihnya Daniel berdasarkan long list tim untuk SEA Games yang sudah diajukan sebelumnya. Selain itu Susy juga menilai Daniel merupakan pemain potensial yang mampu beradaptasi dengan banyak pemain.

“Akhirnya dipilih Daniel sesuai dengan long list yang kami susun sebelumnya. Karena pada dasarnya pemain-pemain bisa diganti asal alasannya jelas, dan nama penggantinya harus yang sudah ada di long list,” jelas Susy.

Leo Rolly/Daniel Marthin merupakan duet ganda putra juara Asia 2019 juara dunia junior 2019 yang berhasil menyumbang gelar dalam dua perhelatan bergengsi tersebut.

Cabang olahraga bulutangkis pada SEA Games 2019 dihelat di arena Muntinlupa Sport Complex, Filipina. Pertandingan akan berlangsung pada 1-9 Desember 2019 mendatang.

Berikut susunan lengkap skuat bulutangkis Indonesia pada SEA Games 2019:

Tunggal Putra: Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, Firman Abdul Kholik

Tunggal Putri: Gregoria Mariska Tunjung, Fitriani, Ruselli Hartawan

Ganda Putra: Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira, Ade Yusuf, Daniel Marthin

Ganda Putri: Greysia Polii, Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti, Ribka Sugiarto, Ni Ketut Mahadewi

Ganda Campuran: Praveen Jordan, Melati Daeva Oktavianti, Rinov Rivaldy, Pitha Haningtyas Mentari