Kandas, 2 Ganda Campuran RI Terpuruk di Hong Kong Open

Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari
Sumber :

VIVA – Kiprah dua pilar ganda campuran Indonesia harus langsung kandas di laga perdana ajang Hong Kong Open BWF World Tour Super 500, Selasa 12 November 2019. Duet Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari tak berdaya bertahan dalam ketatnya persaingan babak 32 besar.

Tontowi/Winny dikalahkan wakil Jepang, Takuro Hoki/Wakana Nagahara dua game langsung, 20-22 dan 18-21. Sedangkan Rinov/Pitha takluk dipaksa mengakui ketangguhan unggulan keenam asal Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying juga dengan straight game, 16-21 dan 16-21.

Sebetulnya Rinov/Pitha punya peluang besar memperpanjang nafas hingga rubber game saat berhasil unggul jauh 16-11. Namun tanpa diduga, Chan/Goh mengunci perolehan skor Rinov/Pitha dan meraih sepuluh angka berturut-turut dan menang dengan skor 21-16 sekaligus memastikan tiket 16 besar.

"Tadi kami banyak main di bawah tekanan dan kami nggak bisa keluar dari tekanan itu. Di game kedua sebenarnya sempat memimpin, tapi habis itu kalau hilang poin, hilangnya banyak banget," ungkap Pitha seusai laga.

"Di pertandingan tadi, kami banyak mati-mati sendiri, sebenarnya kami sudah bisa menerapkan pola main yang benar," jelas Rinov.

Terkait penampilannya hari ini yang kurang gereget dan tak berkembang justru saat mereka unggul di game kedua, pasangan juara dunia junior 2017 itu menuturkan perasaannya.

"Chan/Goh adalah pemain bagus, mereka punya banyak pengalaman. Kami masih harus banyak evaluasi lagi, misalnya mainnya harus lebih safe dan dari tenaganya juga harus lebih ditambah lagi," ujar Rinov.

Baru pasangan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja yang lolos ke babak kedua. Masih ada satu kesempatan lagi untuk menambah wakil lewat pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang baru akan bertanding di babak pertama besok, Rabu 13 November 2019 melawan yang Po-Hsuan/Hu Ling Fang dari Taiwan.