Raja Bulutangkis Dunia Mendadak Mundur dari Hong Kong Open

BWF World Tour.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Raja bulutangkis dunia, Kento Momota mendadak menyatakan mundur dari BWF World Tour Super 500, Hong Kong Open 2019.

Pemegang gelar 2 Juara Dunia di tahun 2018 dan 2019 itu, menyatakan mundur sehari sebelum turnamen berhadiah total 400.000 Dolar Amerika ini dilangsungkan di Hong Kong Coliseum.

Sedianya penguasa ranking 1 dunia akan berhadapan dengan Kidambi Srikanth. Tak diketahui jelas apa alasana Kento mendadak undur dari turnamen ini. Yang pasti dengan pernyataan itu, Kidambi melaju ke babak kedua.

Sepanjang tahun 2019 ini, Kento sudah pernah juga mendadak mundur sebelum babak 32 besar dimulai, yaitu di Thailand Open 2019.

Untuk diketahui, pada 2018, Kento turun tanding di Hong Kong Open dan berhasil melaju sampai ke semifinal. Di gagal ke final setelah dikalahkan tunggal putra Korea Selatan, Son Wan Ho.

Mundurnya Kento dari turnamen ini tentu saja sangat merugikan Jepang, sebab hingga detik ini belum ada seorang pun tunggal putra negeri sakura yang bisa menjuarai Hong Kong Open.

Sepanjang keikutsertaannya di turnamen ini, Jepang baru merebut 4 gelar juara, 3 gelar juara direbut di Hong Kong Open 2018 yakni di dari tunggal putri melalui Nozomi Okuhara di tahuj 2018, ganda putri melalui Yuki Fukushima/Sayaka Hirota dan ganda campuran melalui Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Sementara satu gelar juara lainnya didapatkan Jepang di Hong Kong Open 20187 dari sektor ganda putra melalui Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.