Shesar Hiren Dihabisi Raksasa Bulutangkis China di Hong Kong Open

BWF World Tour.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Impian Shesar Hiren Rhustavito untuk bisa menjuarai BWF World Tour Super 500, Hong Kong Open 2019 harus terkubur di laga perdana.

Dalam pertarungan melawan ranking 4 dunia, Chen Long di Hong Kong Coliseum, Rabu 13 November 2019, Shesar dihabisi pebulutangkis China itu tanpa ampun dalam dua game.

Sebenarnya dalam duel itu Shesar tampil baik. Meski lawan yang dihadapi adalah salah satu raksasa bulutangkis dunia, Shesar tampak tak gentar.

Di awal game misalnya, setelah sempat tertinggal 2-0 dari Chen, Shesar mampu berbalik unggul setelah menyabet 4 poin beruntun untuk mengubah skor jadi 2-4. Sayang Shesar gagal mempertahankan keunggulan itu, pada jeda game Chen kembali menguasai laga dengan keunggulan 11-9.

Usai jeda Chen berusaha terus menguasai laga. Tapi secara tak terduga Shesar mampu menyamakan angka pada kedudukan 12-12. Malah dia berbalik unggul 12-14 setelah mendapatkan 4 angka beruntun.

Hanya saja, bukan perkara mudah bagi Shesar untuk bisa mengalahkan pemegang 2 gelar Juara Dunia itu. Terbukti mendekati waktu krusial Shesar yang sempat unggul pada skor 15-16, malah tertinggal pada kedudukan 17-15 usai Chen Long merebut 2 poin.

Memasuki detik-detik akhir game, Shesar mampu menyamakan angka 17-17. Lagi-lagi amat disayangkan dia gagal meraih angka. Malah Chen kembali bisa menguasai laga dan melejitkan keunggulan jadi 19-17. Dan akhir Chen merebut kemenangan dengan angka 21-18 di menit 22.

Kekalahan di game pertama tak menyurutkan semangat Shesar, terbukti di awal game kedua dia mampu menguasai laga dan unggul cepat 0-2 dari Chen. Tapi lagi-lagi dia gagal memperbanyak keunggulan angka, Chen berhasil menyamakan angka jadi 2-2.

Tapi kali ini Chen juga dibuat kewalahan terbukti Shesar mampu unggul lagi 2-4. Chen berusaha mengejar perolehan angka, namun mendekati pertengahan game dia masih tertinggal pada kedudukan 3-6. Malah kali ini perolehan waktu jeda dikuasai Shesar dengan keunggulan 8-11.

Selepas jeda Chen sempat berusaha menyamakan angka, tapi gagal dia hanya mampu memperkecil jarak jadi 11-12 saja. Keunggulan itu membuat Shesar semakin membara, hingga memasuki waktu genting Shesar masih mampu mempertahankan keunggulan pada skor 15-17.

Shesar benar-benar dibuat tercengang dengan penampilan Chen itu. Dia berusaha lepas dari tekanan Chen dan akhirnya mampu menyamakan angka 18-18. Namun, Chen tak membiarkan Shesar untuk bisa mencuri kemenangan dengan jalan dramatis, dia pun meningkat tensi pertandingan, dan akhirnya 3 poin direbut Chen secara beruntun untuk memenangkan game kedua dengan angka 21-18.

Dengan kemenangan ini Chen Long melaju ke babak kedua dan akan berhadapan dengan Wang Tzu Wei yang baru saja mengalahkan si kumis Sameer Verma di laga perdana.

Sementara itu, dengan kekalahan ini Shesar menjadi tunggal putra pertama RI yang angkat kaki dari turnamen berhadiah totla 400.000 Dolar AS ini, sebelumnya dia juga pernah bertarung dengan Chen di perempatfinal French Open 2019. Dan kala  itu Shesar juga kalah dalam dua game.

Baca: Menyakitkan, Nozomi Okuhara Terdepak dari Ranking 1 Bulutangkis Dunia