Kevin/Marcus Hajar Duo Militan Taiwan di Hong Kong Open

BWF World Tour.
Sumber :
  • PBSI

VIVA – Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menghabisi ganda militan Taiwan, Lu Chin Yao/Yang Po Han di laga perdana BWF World Tour Super 500, Hong Kong Open 2019.

Dalam pertarungan yang dilangsungkan di arena Hong Kong Coliseum, Rabu malam, 13 November 2019, ganda putra RI itu mengalahkan Lu/Yang dalam pertarungan sengit selama menit 35.

Sejak game pertama dimulai, ganda Taiwan itu langsung saja menggempur The Minions dengan serangan-serangan cepat. Terlihat jelas penguasa ranking 1 dunia itu cukup terkejut dengan taktik Lu/Yang, hanya dalam waktu singkat Kevin/Marcus tertinggal 0-3. Bahkan Lu/Yang mampu unggul jauh pada skor 4-8.

Kevin/Marcus terus berusaha lepas dari tekanan pemegang ranking 16 dunia itu, meski tak mudah. Namun akhirnya mendekati pertengahan game juara bertahan Hong Kong Open 2017 dan 2018 ini mampu mengimbangi kekuatan Lu/Yang dan hebatnya lagi, Kevin/Marcus langsung memberondongkan 7 angka beruntun untuk berbalik unggul 11-8 saat jeda.

Usai jeda Lu/Yang kembali tampil ganas, serangan cepat yang dikombinasi dengan pukulan menyilang cukup menyulitkan Kevin/Marcus, efeknya perolehan poin duo RI itu akhirnya bisa disamai 11-11.

Setelah poin sama kuat, laga semakin sengit dan ketat saja, kedua pasangan saling merebut 1 poin secara bergantian, Hingga menit 10 skor masih sama kuat pada kedudukan 15-15.

Memasuki waktu krusial Kevin/Marcus kembali mengambil alih penguasaan laga, mereka mampu unggul cepat 2 poin dari Lu/Yang, 17-15. Di detik-detik akhir game pertama arena semakin tegang saat Lu/Yang menyamakan poin 18-18. Kondisi ini cukup berbahaya bagi Kevin/Marcus.

Namun, Kevin/Marcus memanglah monster ganda putra dunia. Mereka berhasil mendapatkan 3 poin pamungkas secara beruntun dan menghentikan perlawanan Lu/Yang di menit 14 dengan angka 21-18.

Kekalahan di game pertama tak menyurutkan semangat Lu/Yang untuk bisa membalas dendam atas kekalahan mereka dari Kevin/Marcus di semifinal Denmark Open 2019, sejak game kedua dimulai mereka langsung menggempur lawannya. Tapi kali ini berbeda dengan game pertama, Kevin/Marcus lebih siap. Laga pun berlangsung cepat, jual beli serangan terjadi dan skor ketat.

Hanya saja mendekati pertengahan game Lu/Yang bisa unggul 3 poin dari Kevin/Marcus pada skor 4-7. Sekali lagi, Kevin/Marcus bukanlah lawan mudah, terbukti The Minions bisa menyamankan angka 7-7. Meski begitu saat jeda Lu/Yang kembali unggul tipis 10-11.

Hanya saja mendekati pertengahan game Lu/Yang bisa unggul 3 poin dari Kevin/Marcus pada skor 4-7. Sekali lagi, Kevin/Marcus bukanlah lawan mudah, terbukti The Minions bisa menyamankan angka 7-7. Meski begitu saat jeda Lu/Yang kembali unggul tipis 10-11.

Selepas jeda, Kevin/Marcus mengejutkan Lu/Yang dengan berbalik unggul 12-11 usai mendapatkan 2 poin beruntun. Namun, keunggulan Kevin/Marcus tak berlangsung lama, Lu/Yang membalasnya dengan 3 angka beruntun dan untuk memegang kendali papan skor pada angka 12-14.

Hal yang terjadi pada Lu/Yang, mereka juga sekejap saja memimpin, karena Kevin/Marcus menyamakan angka 14-14. Lu/Yang kembali unggul 14-16 usai meraup dua angka.

Untuk kesekian kalinya, Kevin/Marcus juga mampu membalikkan keadaan, pemegang gelar juara ganda terbanyak BWF World Tour 2019 itu malahan bisa mendapatkan 5 angka beruntun untuk berbalik unggul dan mejelitkan angka, dan kini mereka unggul 19-16 dari Lu/Yang. Walau terus melawan, akhirnya Lu/Yang dipaksa bertekuk lutut dengan angka akhir 21-17.

Dengan kemenangan ini Kevin/Marcus melaju ke babak 16 besar untuk menghadapi pemenang laga antara Liao Min Chun/Su Ching Heng dengan Huang Kai Xiang/Liu Cheng.

Baca: Fajar/Rian Hancurkan Jagoan Taiwan di Hong Kong Open