Dahsyat, Kevin/Marcus Amuk Juara Dunia China di Hong Kong Open

BWF World Tour.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon lolos ke perempatfinal BWF World Tour Super 500, Hong Kong Open 2019 setelah menggasak Juara Dunia 2017, Liu Cheng dan duet barunya Huang Kai Xiang.

Dalam pertarungan yang dilangsungkan di Hong Kong Coliseum, Hong Kong, Kamis petang 14 November 2019, Kevin/Marcus nyaris saja dikalahkan karena telat ganas.

Pertarungan memperebutkan tiket lolos ke perempatfinal ganda putra antara The Minions dan Huang/Liu berlangsung sengit sejak awal game pertama dimulai. Kedua pasangan saling gempur dengan taktik permainan bola-bola cepat.

Terlihat jelas penguasa ranking 1 dunia itu sempat dibuat kewalahan, terbukti Kevin/Marcus sempat tertinggal 1-3 dari Huang/Liu. Sepanjang pertandingan kedua pasangan lebih sering berbagi angka sama, hingga pertengahan game saja terjadi 8 kali skor imbang. Namun saat jeda Kevin/Marcus tertinggal pada kedudukan 9-11.

Selepas jeda Kevin/Marcus berusaha mendobrak pertahanan ranking 26 dunia. Tapi memang cukup sulit, alih-alih mengejar angka, pemborong 3 gelar juara BWF World Tour Super 750 secara beruntun itu malah semakin tertinggal angka pada skor 9-12.

Akhirnya yang ditunggu-tunggu pecinta bulutangkis muncul juga, Kevin/Marcus untuk pertama kali usai jeda bisa menyamakan angka 15-15 setelah sempat tertinggal 13-15. Namun, Huang/Liu tak membiarkan lawannya itu untuk menguasai laga, pertarungan pun sengit dan beberapa kali terjadi hasil imbang seperti pada kedudukan 16-16, 17-17 dan 18-18.

Memasuki waktu krusial laga semakin menegangkan saja, apalagi ketika di menit 20 Huang/Liu mendapatkan peluang untuk menutup game saat unggul pada kedudukan 18-20. Kevin/Marcus mulai panik dan berusaha menggagalkan kemenangan itu. Sayang upaya mereka kandas, Huang/Liu keburu menutup game dengan kemenangan tipis 19-21.

Kekalahan itu cukup membuat Kevin/Marcus terpukul. Di game kedua semangat mereka semakin membara untuk bisa merebut kemenangan. Sejak awal game mereka langsung gempur pertahanan Huang/Liu.

Duo China itu terlihat kewalahan dengan sergapan itu, apalagi setelah poin sama kuat 1-1, Kevin/Marcus berhasil dengan cepat melesatkan perolehan angka hingga langsung unggul jauh pada kedudukan 8-3. Sayang saat jeda keunggulan Kevin/Marcus menipis jadi 11-8.

Setelah jeda Huang/Liu mendapatkan 3 poin beruntun dan berhasil menyamakan angka pada skor 11-11. Melihat kebangkitan lawannya itu Kevin/Marcus kembali  mengganas, hasilnya sangat baik, mereka memborong 5 poin beruntun dan kembali unggul 16-11.

Malah di menit 30 Kevin/Marcus sudah dekat dengan gerbang kemenangan karena unggul 18-14. Kali ini, Kevin/Marcus benar-benar berada di depan pintu kemenangan setelah di menit 32  membuka peluang dalam kondisi unggul angka 20-17.

Dan akhirnya di menit 33 Kevin/Marcus merebut kemenangan dengan angka 21-18. Laga pun harus dituntaskan melalui game tambahan.

Di game penentu Kevin/Marcus benar-benar mengamuk, dalam waktu singkat mereka berhasil memborong 11 poin dan langsung unggul jauh pada kedudukan 11-1 di jeda pertengahan game.

Dalam posisi sangat-sangat di atas angin itu, Kevin/Marcus tak lagi bisa dibendung, usai jeda mereka kembali mengamuk, di menit 42 Kevin/Marcus sudah unggula 10 poin pada kedudukan 16-6.

Akhirnya Kevin/Marcus menghancurkan duet anyar itu di pertemuan pertama mereka dengan skor akhir 21-11.

Dengan kemenangan ini mereka melaju ke perempatfinal untuk berhadapan dengan raja ganda putra Asia, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe.

Baca: Raja Hong Kong Open Roboh di Tangan Pebulutangkis Denmark