Hong Kong Open Gempar, Ranking 1 Dunia Roboh Tahta Juaranya Raib

BWF World Tour.
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA – Arena BWF World Tour Super 500, Hong Kong Open 2019 mendadak gempar. Sebab secara tak terduga penguasa ranking 1 ganda putri dunia, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota dikalahkan peringkat 19 dunia, Baek Ha Na/Jung Kyung Eun.

Dalam laga perebutan tiket menuju perempatfinal turnamen berhadiah total 400.000 Dolar Amerika Serikat yang baru saja dilangsungkan di arena Hong Kong Coliseum, Hong Kong, Kamis malam 14 November 2019, ganda putri terbaik Jepang itu dikalahkan dalam pertarungan dua game.

Pada game pertama sebenarnya Yuki/Sayaka bermain sangat bagus, terbukti mereka mampu memimpin perolehan angka dari awal game hingga jeda. Petaka baru menimpa ketika memasuki waktu krusial.

Saat itu juara Fuzhou China Open 2019 itu sudah unggul pada kedudukan 16-13. Namun tiba-tiba saja Baek/Jung mampu mengejar dan membalikkan keadaan setelah mereka mendapatkan 4 poin beruntun. Angka di papan skor berubah 16-17 untuk keunggulan Baek/Jung.

Dalam kondisi itu Yuki/Sayaka mulai kehilangan konsentrasi dan gagal menguasai lagi perolehan angka. Akhirnya mereka dipaksa menyerah dengan angka tipis 19-21.

Kemenangan di game pertama membuat motivasi ganda Korea Selatan itu semakin meningkat untuk kembali memperdayai Yuki/Sayaka. Di sisi lain Yuki/Sayaka juga ingin membalas kekalahan. Efeknya di awal game terjadi reli poin sangat ketat.

Yuki/Sayaka sempat menguasai laga dengan unggul poin 7-4. Tapi mereka gagal mempertahankan keunggulan dan malah berbalik tertinggal usai Baek/Jung memborong 4 poin untuk unggul 7-8.

Tak lama berselang Yuki/Saya mampu unggul lagi dengan skor 9-8. Namun, secara mengejutkan Baek/Jung meraih 6 angka beruntun dan berhasil unggul jauh 9-14. Dan sejak saat itu, Yuki/Sayaka seolah kehilangan arah mereka tak mampu lagi membendung laju perolehan poin lawan dan akhirnya Baek/Jung merebut kemenangan kedua di menit 48 dengan skor akhir yang telak 14-21.

Kekalahan ini sangatlah menyakitkan bagi Yuki/Sayaka. Selain mereka berstatus penguasa ranking tertinggi dunia, mereka juga juara bertahan Hong Kong Open 2018. Dengan kekalahan ini maka tahta juara yang direngkuh setahun terakhir raib sudah dan mereka harus angkat kaki dari turnamen ini.

Sementara itu atas kemenangan ini Baek/Jung melaju ke perempatfinal untuk menantang rekan senegaranya, Lee So Hee/Shin Seung Chan. Ranking 5 dunia ini lolos lebih dahulu setelah mengalahkan ganda RI, Ni Ketut/Tania.

Perlu diketahui, meski cuma berada di ranking 18 dunia. Tapi, Baek/Jung tak bisa dianggap remeh. Sebab mereka sebelumnya bikin geger Denmark Open 2019. Mereka menjuarai turnamen BWF Super 750 usai mengalahkan para ratu bulutangkis dunia. Di final mereka mengalahkan ranking 2 dunia Cheng Qingchen/Jia Yivan, di semifinal mereka melumat Juara Dunia 2018 dan 2019 Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara.

Baca: Dahsyat, Kevin/Marcus Amuk Juara Dunia China di Hong Kong Open