Anthony Ginting Lolos Perempatfinal Hong Kong Open

BWF World Tour.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Anthony Sinisuka Ginting lolos ke perempatfinal BWF World Tour Super 500, Hong Kong Open 2019.

Dia lolos setelah di babak 16 besar yang dilangsungkan di arena Hong Kong, Coliseum, Kamis malam 14 November 2019 mengalahkan pemain senior Denmark, Jan O Jorgensen.

Sebenarnya Anthony sempat unggul jauh di waktu krusial pada angka 19-15. Namun sayangnya Anthony gagal mempertahankan keunggulan, Jan memborong 4 angka dan menyamakan kedudukan 19-19. Di detik akhir Anthony mendapatkan peluang untuk memenangkan game pertama setelah unggul 20-19.

Hanya saja lagi-lagi dia gagal memanfaatkan peluang itu. Malahan Jan secara tak terduga mendapatkan 3 poin beruntun dan mencuri kemenangan dengan angka dramatis 20-22.

Kekalahan dramatis itu membuat semangat Anthony semakin berkobar untuk bisa merebut kemenangan di game kedua. Terbukti sejak awal game dia menguasai laga dan unggul cepat 3-0. Namun, meski usai tak muda lagi Jan mampu membayar tunai dengan 3 poin beruntun, skor pun sama kuat 3-3.

Duel pun semakin sengit, meski begitu Anthony kali ini mampu mempertahankan keunggulan. Saat jeda pun penguasa ranking 8 dunia ini masih unggul telak 11-7 dari Jan. Selepas jeda Jan berusaha memangkas jarak perolehan poin. Hanya saja kali ini tak mudah, hingga menit 37 Anthony masih unggul 15-12.

Mendekati akhir game Anthony mulai tegang, sebab Jan mampu menipiskan 17-16. Di menit 47, laga memanas saat Jan mampu menyamakan angka 19-19. Padahal sebelumnya Anthony berhasil unggul jauh 19-17.

Tapi kali ini kemenangan berpihak pada Anthony, di sisa waktu dia mendapatkan 2 angka pamungkas untuk memenangkan game kedua 21-19.

Di game penentu, Anthony kian bersemangat untuk menyingkirkan pebulutangkis Denmark itu dari Hong Kong Open 2019. Anthony membuka game penentu dengan 2 poin. Sayangnya keunggulan itu tak bisa bertahan lama, Jan bisa mengimbangi pada kedudukan 4-4.

Jelang pertengahan game, Anthony mendapatkan 5 poin untuk unggul lagi 9-4. Namun, saat jeda Jan berhasil memperkecil ketertinggalan jadi hanya tersisa 1 poin saja, Anthony unggul sementara 11-10. Setelah jeda, poin kembali sama kuat 13-13.

Dalam kondisi ini, Anthony meningkatkan tempo pertandingan, efeknya sangat mujarab, dia mampu melesatkan perolehan poin 17-13. Dan akhirnya Jan tak lagi bisa menciptakan kejutan seperti di game pertama, dengan mudahnya Anthony merebut kemenangan penting itu di 66 menit dengan angka 21-14.

Di perempatfinal nanti Jan akan berhadapan dengan Chou Tien Chen, penguasa ranking 2 dunia ini lolos lebih dahulu usai kalahkan Parupalli Kashyap.

Baca: Hong Kong Open Gempar, Ranking 1 Dunia Roboh Tahta Juaranya Raib