Final Hong Kong Open Berakhir Tragis, Anthony Ginting Tumbang

BWF World Tour.
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA – Anthony Sinisuka Ginting gagal mempersembahkan gelar juara BWF World Tour Super 500, Hong Kong Open 2019 usai dikalahkan ranking 27 dunia, Lee Cheuk Yiu.

Dalam laga final yang dilangsungkan di Hong Kong Coliseum, Jumat petang 17 November 2019, Anthony dan Lee harus menuntaskan final melalui rubbergame.

Sebenarnya Anthony sudah tampil ganas dari game pertama dimulai, setelah membuka duel dengan 2 poin beruntun untuk keunggulan 2-0, Anthony Ginting mengamuk dan berhasil melesatkan keunggulan dengan angka telak 10-2.

Lee yang juga sedang dalam penampilan terbaiknya di turnamen ini berusaha meredam. Tapi tak mudah, meski bisa meraih angka, saat jeda Lee masih tertinggal dari Anthony Ginting pada skor 11-8.

Akhirnya di menit 24 Lee dipaksa mengakui keunggulan Anthony, dia menyerah dengan skor akhir 21-16.

Di game kedua Lee berusaha membalas kekalahannya itu, di awal game dia sempat tertinggal 2-0 dari Anthony Ginting. Namun Lee mampu membalikkan keunggulan setelah mendapatkan 7 poin beruntun dan angka di papan skor berubah cepat 2-7 untuk keunggulan Lee.

Ginting berusaha meningkatkan tempo serangan. Sayang gempuannya selalu kandas, pertahanan Lee sangat kuat dan hingga jeda Lee masih unggul jauh 4-11. Setelah jeda Ginting bisa mendapatkan 3 poin tapi Lee kembali memperlebar jarak keunggulannya 7-15.

Anthony Ginting akhirnya terpaksa harus merelakan kemenangan game kedua direbut Lee dengan skor akhir 10-21.

Di game tambahan atau penentu, Lee semakin ganas saja, di awal game saja Anthony Ginting sudah dibombardir dan langsung unggul jauh 0-4. Anthony mendapatkan 1 poin  untuk memecah telor setelah smes Lee melebar, angka di papan skor jadi 1-4.

Namun, Lee kembali memborong 3 poin beruntun dan melejitkan keunggulannya jadi 1-7. Hingga jeda pertengahan game Anthony masih tertinggal jauh 5-11 dari Lee. Usai jeda pun tak terlihat ada peningkatan permainan dari Anthony Ginting.

Dia masih saja kalah dalam duel di depan net, poin kian merenggang pada skor 6-13. Hingga menit 61, Lee masih mampu mempertahankan keunggulan 10-15. Memasuki waktu genting, Anthony berhasil merebut 3 poin untuk mempersempit jarak angka 13-15.

Sayangnya skor kembali melebar setelah Lee meraup 2 poin, skor menjadi 13-17. Hanya saja Lee terlihat sudah mengalami kelelahan dan hal itu dimanfaat dengan baik oleh Anthony Ginting. Di menit 67, Anthony mendapatkan 2 poin untuk mengubah kedudukan jadi 15-17.

Di detik akhir game, Lee mendapatkan 1 angka untuk mengubah skor jadi 16-18. Dan akhirnya secara tak terduga Anthony Ginting berhasil menyamakan angka jadi 18-18. Malah dia berbalik unggul 19-18.

Duel semakin tegang ketika poin kembali sama kuat 19-19. Hanya saja Anthony mendapatkan peluang untuk memenangkan duel itu setelah unggul 20-19. Namun sayang, Lee bisa menggagalkannya dengan kembali menyamakan angka jadi 20-20.

Tak cuma itu Lee kini membuka peluang setelah berbalik unggul 20-21. Akhirnya Lee mendapatkan 1 poin pamungkas dan merebut gelar juara dengan skor akhir 22-20.

Dan akhirnya arena laga final Hong Kong Open 2019 bergemuruh, suporter tuan berteriak histeris menyambut sang juara Lee Cheuk Yiu.

Ini merupakan gelar juara tunggal putra kedua yang didapatkan tuan rumah selama turnamen ini digelar. Sebelumnya Hong Kong juga merebut gelar juara turnamen berhadiah total 400.000 Dolar AS pada 2016 melalui perjuangan Ng Ka Long Angus.

Baca: Final Menegangkan Hong Kong Open, Gadis Korea Pembantai Raksasa Kalah