Final Tragis Anthony Ginting di Hong Kong Open Diwarnai Kontroversi

Anthony Ginting saat protes ke wasit.
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA – Final tunggal putra antara Anthony Sinisuka Ginting dengan Lee Cheuk Yiu di BWF World Tour Super 500, Hong Kong Open 2019, diwarnai kontroversi.

Kontroversi itu terjadi benar-benar di detik-detik terakhir pertarungan. Yakni di menit 77 game tambahan. Dan terjadi di poin terakhir yang didapatkan Lee untuk menyudahi perlawanan Anthony Ginting dan merebut gelar juara.

Poin kemenangan Lee didapatkannya setelah wasit menyatakan telah terjadi pelanggaran alias foul yang dilakukan Anthony Ginting ketika memukul bola tanggung di atas net yang dilepaskan Lee.

Anthony Ginting sempat melakukan protes keras atas keputusan itu, Anthony merasa tak ada yang salah dengan pukulan serobotan itu. Dan seharusnya poin didapatkannya sebab bola hasil pukulannya masuk telak di area tengah pertahana Lee.

Namun, wasit tak menggubris protes dari Anthony. Dan memutuskan pukulan Anthony sebagai foul dan memberikan poin ke Lee.

Saat Anthony melakukan protes, Lee juga sempat menghampiri wasit. Namun setelah wasit memutuskan Anthony melakukan pelanggaran, Lee langsung melompat kegirangan meluapkan kemenangan tragis dan dramatisnya itu.

Pelanggaran yang diputuskan wasit itu terjadi saat Anthony dan Lee terlibat reli cepat. Kala itu Lee sedang unggul pada kedudukan 21-20 dan hanya membutuhkan 1 angka terakhir.

Atas keputusan wasit itu, Anthony akhirnya gagal menjuarai Hong Kong Open 2019, Lee merebut kemenangan game tambahan itu dengan skor akhir 22-20.

Seperti diketahui, duel itu terpaksa harus dituntaskan melalui game tambahan setelah Anthony Ginting dan Lee sama-sama merebut kemenangan di dua game sebelumnya, Anthony memenangkan game pertama dengan angka 16-21, sedangkan Lee merebut kemenangan game kedua dengan skor 21-10.

Memang kekalahan Anthony ini sangatlah tragis, sebab di game tambahan itu sebenarnya di sempat mendapatkan peluang untuk jadi juara setelah berhasil berbalik unggul di akhir game pada kedudukan 19-20.

Namun, dia gagal mendapatkan 1 angka terakhir, malahan Lee yang mampu memberondongkan 3 poin untuk mencuri kemenangan sekaligus menjuarai turnamen ini. Padahal sebenarnya di game terakhir itu Anthony Ginting sempat tertinggal poin jauh dari Lee.

Baca: Final Hong Kong Open Berakhir Tragis, Anthony Ginting Tumbang