Buntut Kontroversi Pedih Ginting, Netizen Menyerang, BWF Bertindak

Anthony Ginting dan Lee Cheuk Yiu.
Sumber :
  • PBSI

VIVA – BWF menutup kolom komentar pada postingan tentang Lee Cheuk Yiu, lawan Anthony Sinisuka Ginting, pada final Hong Kong Open Minggu lalu. Bukan tanpa alasan, akun Instagram resmi BWF itu merasa hujatan warganet pada atlet asal Hong Kong itu terlalu berlebihan.

Final Hong Kong Open 2019 di nomor tunggal putra kemarin memang diwarnai kontroversi. Pukulan terakhir Anthony Ginting dinyatakan fault oleh wasit dan membuat wakil Indonesia itu harus kalah dengan skor 20-22 dari Lee Cheuk Yiu. 

Bukan cuma Ginting yang kecewa. Penonton di Indonesia, juga sejumlah atlet dan pengamat, ikut bersuara. Dalam reka ulang, raket Ginting terlihat tidak sama sekali menyentuh net, yang seharusnya sah-sah saja. Banyak warganet Indonesia marah, karena wasit dianggap menghapus kesempatan Ginting untuk menang.

Meski Anthony Ginting sudah menerima dan tampak baik-baik saja dengan Lee Cheuk Yiu, netizen tak tinggal diam. Warganet menyerang akun media sosial BWF, termasuk postingan tentang Lee Cheuk Yiu yang mereka unggah. 

Dianggap terlalu kasar, BWF pun akhirnya mematikan kolom komentar dua postingan tentang pemain asal Hong Kong tersebut. Seorang warganet menanyakan alasan mengapa kolom komentar di postingan tentang Lee Cheuk Yiu dinonaktifkan.

"Kenapa kamu tutup komentar di dua postingan terakhir (tentang Lee Cheuk Yiu)? Aku ingin melihat bagaimana orang Indonesia berpendapat soal pertandingan tersebut," kata pemilik akun @jaecheol3565.

Admin Instagram BWF pun menjawab, "Kau tak akan pernah mau melihatnya. Kami tutup karena sudah terlalu kasar dan mengancam, bukan hanya kami, tapi pemainnya," seru admin BWF, seperti dilihat VIVA, 19 November 2019.

BWF juga memberi peringatan pada warganet untuk menjaga komentar. Lewat Insta Story, mereka menyebut tak segan-segan akan memblokir pengguna yang melanggar ketentuan.

"BWF mengawasi akun ini dan berhak untuk memoderasi semua konten yang dianggap menghina dan memblokir pengguna yang melanggar ketentuan tersebut," katanya.

Anthony Ginting dan Lee Cheuk Yiu sendiri terlihat santai saling berbalas komentar. Lee berterima kasih karena pertandingan final kemarin begitu berkesan dan memberi dukungan pada Ginting untuk World Tour Final di Desember mendatang.

"Terima kasih, bro! Good luck juga di Korea," balas Ginting pada Lee Cheuk Yiu.