Dukungan Haru Atlet-atlet Dunia hingga BWF untuk Anthony Ginting

Lee Cheuk Yiu dan Anthony Ginting.
Sumber :
  • PBSI

VIVA – Anthony Sinisuka Ginting mendapat banyak dukungan dari fans dan pemain bulutangkis dunia usai kontroversi poin penutup di final Hong Kong Open 2019 pada Minggu, 17 November 2019 lalu. Ginting harus rela menjadi runner up usai pukulan terakhirnya dinyatakan fault oleh wasit.

Partai final Hong Kong Open 2019 di sektor tunggal putra kemarin memang berlangsung ramai. Ginting yang tertinggal jauh dari wakil tuan rumah, Lee Cheuk Yiu berhasil comeback dan nyaris saja menang. Sayangnya, wasit menyatakan pukulan terakhirnya fault pada poin amat krusial. Skor 20-22 untuk kemenangan Lee Cheuk Yiu menutup permainan.

Keputusan wasit langsung jadi kontroversi. Para penonton di rumah, terutama pecinta badminton di Indonesia, ikut marah dan kecewa. Media sosial ramai mengkritik keputusan wasit tersebut.

Di antara mereka, pun ada Anders Antonsen, pemain asal Denmark yang kini jadi unggulan ketiga dunia. Anders tak setuju dengan keputusan wasit dan berpendapat bahwa pukulan Ginting sah.

Baca Juga: Buntut Kontroversi Pedih Ginting, Netizen Menyerang, BWF Bertindak

"Seharusnya kita bisa minta challenge untuk situasi macam ini," kata Anders Antonsen di Insta Story-nya, sesaat setelah pertandingan selesai.

Rekan sekaligus sahabat senegara, Jonatan Christie ikut bersuara. Dia juga mengunggah Insta Story, yang memperlihatkan podium juara Hong Kong Open 2019. 

"Tetap semangat bro. Ini kehendak Tuhan, next time be better," katanya, menandai akun Instagram Anthony Ginting.

Atlet asal Cimahi itu pun tampak legawa. Meski sempat mengaku marah dan kecewa, Ginting bangkit dan menerima hasil. Dia mengunggah foto podium bersama sang kampiun, Lee Cheuk Yiu. Sportif, Ginting memberi selamat pada lawannya di lapangan tersebut.

Lee Cheuk Yiu pun membalas. Dia berterima kasih pada Ginting karena pertandingan berlangsung seru dan mengesankan. Tak lupa, pemain Hong Kong itu bahkan mendoakan Ginting di World Tour Final pada Desember mendatang.

"Bro, game seru untuk kita berdua. Terima kasih banyak. Sungguh saya harap kita bisa main bareng lagi. Sukses buat World Tour Final-nya. Perjuangkan kemenanganmu di sana," kata Lee Cheuk Yiu di kolom komentar postingan Ginting, Senin, 18 November 2019. Anthony Ginting juga ikut mendoakan perjuangan Lee Cheuk Yiu di Korea Open 2019. 

Tak cuma mereka, Anthony Ginting bahkan dapat dukungan dari BWF. Lewat akun Instagram resminya, admin BWF turut mendoakan Anthony Ginting. 

"@sinisukanthony semoga kau diberkati Tuhan dan sampai jumpa di HSBC BWF World Tour Finals di Ghuangzhou," tulis admin BWF tersebut.

Anthony Sinisuka Ginting juga mendapat ucapan selamat dan dukungan dari pemain lainnya, seperti Shi Yuqi dari China, Teo Ee Yi dari Malaysia, dan lain sebagainya.

"Selamat bro!" kata Shi Yuqi, yang kini menempati ranking 7 dunia tersebut.

Anthony Ginting akan bertanding di final World Tour BWF di Gwangzhou pada 11 hingga 15 Desember 2019 mendatang. Ginting tak sendiri, Indonesia berhasil meloloskan dua wakil dari sektor tunggal putra, yakni bersama Jonatan Christie.