Dahsyat, China Kudeta Ranking 1 Dunia dari 3 Ratu Bulutangkis Jepang

BWF World Tour.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Setelah lebih setahun, akhirnya tahta ranking 1 ganda putri dunia raib dari Jepang. Di pekan 47 ini, Rabu 20 November 2019, posisi peringkat tertinggi dunia itu direbut China.

Dalam daftar ranking terbaru yang disiarkan Federasi Bulutangkis Dunia atau BWF, kini ranking 1 ganda putri dunia berada di tangan juara All England Open 2019, Chen Qingchen/Jia Yivan.

Chen/Jia merebut ranking 1 dunia itu direbut dari tangan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota. Dan yang palinng tragisnya, Yuki/Sayaka baru sepekan lho menguasai ranking 1 dunia. Mereka pekan lalu merebut ranking 1 dunia setelah Juara Dunia 2018 dan 2019 Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara terlempar ke ranking 3 dunia.

Ganda putri negeri panda itu merebut ranking 1 dunia setelah berhasil menjuarai BWF World Tour Super 500, Hong Kong Open 2019. Ranking 1 dunia direbut karena koleksi poin Chen/Jia melesat dari 92.710 menjadi 95.310.

Yuki/Sayaka sendiri kini tergusur ke ranking 2 dunia. Mereka turun kasta setelah gagal mempertahankan gelar juara Hong Kong Open.

Perlu diketahui, Chen/Jia terakhir kali menempati ranking 1 dunia pada Agustus 2018. Setelah ranking 1 dunia ditempati secara bergantian oleh 3 ganda putri Jepang. Dimulai dari Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi, Mayu/Wakana dan Yuki/Sayaka.

Kini ketiga ganda putri Jepang itu mengisi posisi ranking 2, 3 dan 4 dunia. Yuki/Sayaka di ranking 2, Mayu/Wakana ranking 3 dan Misaki/Ayaka di ranking 4.