Wow Keren, Megahnya Venue SEA Games 2019 Filipina

Suasana stadion atletik New Clark City Filipina
Sumber :
  • goodnewspilipinas.com

VIVA – Ajang pesta olahraga Asia Tenggara ke-30 tak lama lagi akan berlangsung di Manila, Filipina. Perhelatan SEA Games 2019 tersebut bakal digelar pada 30 November-11 Desember mendatang.

Dan yang cukup menarik perhatian dalam multievent dua tahunan kali ini, Filipina sukses membangun kompleks olahraga baru berlabel New Clark City Sports. Kawasan seluas 50 hektar ini didirikan di daerah Capas, Tarlac, Filipina.

Untuk fasilitas, kompleks olahraga ini memiliki Aquatic Center, Athletes Vilage, National Sports Training Center dan pusat utama Stadion Atletik New Clark City.

Peletakan batu pertama dilangsungkan pada 23 Januari 2018, namun secara resmi pengerjaannya dimulai pada 15 Maret 2018. Proyek tersebut pun telah rampung sekitar bulan Juli – Agustus 2019 dan menjalani serangkaian test event untuk ujicoba lapangan pada bulan Oktober lalu.

Dan agenda pembukaan SEA Games 2019 nanti akan sekaligus menjadi peresmian kompleks olahraga anyar kebanggaan masyarakat Filipina tersebut.

Stadion Atletik New Clark City, venue utama gelaran SEA Games 2019. Stadion berkapasitas 20.000 orang tersebut memiliki desain mewah futuristik yang terinspirasi dari Gunung Pinatubo yang dihiasi dengan corak lahar gunung dibagian interior dan exteriornya.

Soal fasilitas jangan ditanya. Stadion ini memilki satu buah lapangan sepakbola, sembilan jalur trek lari, trek pemanasan sintetis dan juga field untuk menyelenggarakan olahraga atletik dan cabang olahraga lain.

Dengan berlabel sertifikasi fasilitas bertaraf Grade 1 dari Federasi Atletik Internasional (IAAF) menandakan Stadion Atletik New Clark City dapat menyelenggarakan kompetisi atletik Tier-1 seperti SEA Games, Asian Games dan Olimpiade.

“Saya sangat berharap bahwa atlet Filipina dapat unggul di permukaan ini. Itu benar-benar akan menjadi puncak pencapaian bagi kami, untuk melihat mereka mulai mencetak rekor dunia atau setidaknya rekor nasional di trek anyar tersebut,” ungkap Manajer Umum Grup Olahraga Asia, Shaun Goudie yang dilansir Good News Pilipinas.