Ada Jasa Sri Mulyani dalam Pemberian Bonus SEA Games 2019

Menteri Keuangan Sri Mulyani.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro

VIVA – Para atlet kontingen Indonesia yang berlaga di pentas SEA Games 2019 Filipina lalu langsung diselimuti kabar bahagia. Bonus sebagai apresiasi dari pemerintah mulai disalurkan melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pada Kamis malam 12 Desember 2019.

Acara malam apresiasi dan penghargaan kepada atlet dan pelatih yang berprestasi di gelaran pesta olahraga Asia Tenggara ke-30 itu dihelat di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta dihadiri ratusan pejuang olahraga Tanah Air yang baru saja rampung berjuang di medan laga.

Dalam kesempatan itu, Menpora Zainudin Amali memimpin langsung penyerahan bonus kepada para insan berprestasi tersebut yang terbagi dalam beberapa kategori nominal.

Untuk sektor perorangan, atlet peraih emas mendapatkan Rp500 juta, perak Rp300 juta dan perunggu sebesar Rp150 juta. Sedangkan untuk ganda, peraih emas Rp400 juta, perak Rp240 juta dan perunggu Rp120 juta.

Sementara itu untuk nomor beregu, peraih emas Rp350 juta, perak Rp210 juta dan perunggu Rp105 juta.

Melonjaknya nominal bonus SEA Games 2019 dari yang sebelumnya pernah dipublikasikan, Menpora pun menuturkan pertimbangan dan kronologinya.

"Tadinya Kemenpora hanya mempersiapkan sesuai dengan standart yang sebagaimana sudah berikan. Namun atas arahan Bapak Presiden, karena atlet dan pelatih sudah bekerja keras untuk    meningkatkan prestasi maka Bapak Presiden menyampaikan melalui Menteri Sekretaris Negara, penghargaan ini dinaikan dari yang SEA Games sebelumnya. Semoga ini bisa memacu semangat dan membuat kita lebih berprestasi lagi di masa akan datang," ungkap Zainudin Amali kepada para wartawan.

Terkait waktu pencarian dana bonus yang terbilang sangat cepat bagi sebuah agenda di level Kementerian, Menpora pun mengungkapkan siapa pihak yang paling berjasa dalam melancarkan proses pencarian bonus tersebut 

"Sekali lagi kami ingin menyampaikan kepada ibu Menteri Keuangan atas kerjasamanya dalam waktu yang sangat singkat ibu Menteri Keuangan membantu Kemenpora merealisasikan apresiasi dari pemerintah," ujar Menpora.

"Untuk itu, atas nama seluruh pemangku kepentingan keolahragaan nasional kami menyampaikan terima kasih kepada ibu Sri Mulyani. Ketersediaan anggaran yang ada di Kemenpora tentu sangat kurang, tetapi ibu Menteri Keuangan sudah memberikan bantuan support yang luar biasa," kata Menpora.

Menpora juga menyampaikan bahwa atlet dan pelatih penerima bonus SEA Games 2019 itu juga bisa mengecek langsung rekeningnya guna memastikan nominal dari apresiasi prestasi tersebut sudah ada di tangan mereka.

"Bonus itu langsung masuk ke rekening mereka, hari ini langsung sudah ada. Sudah disiapkan, begitu dikasih langsung bisa dilihat di rekening masing-masing," tegas Menpora.

Pada SEA Games 2019, Indonesia berada di posisi empat dengan perolehan 267 medali dengan perincian 72 emas, 84 perak, dan 111 perunggu.