Ranking Klub Asia: Buriram United Raja ASEAN, Persija Urutan 77

Skuat Persija Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Laga babak kualifikasi Liga Champions Asia dan Piala AFC tengah bergulir dalam pentas bergengsi sepakbola benua terbesar di dunia tersebut. Sejumlah klub ASEAN pun bertarung keras demi dapat melaju ke fase berikutnya.

Persaingan ketat dan sengitnya laga jadi tontonan menarik pencinta si kulit bundar di Asia Tenggara. Tim-tim wakil ASEAN siap unjuk gigi, meski lawan-lawan yang dihadapi merupakan para raksasa Asia.

Dan pada 22 Januari 2020, telah AFC resmi merilis daftar ranking klub-klub dalam kiprahnya di pentas Asia.

Klub top Thailand, Buriram United pun menjadi tim asal ASEAN yang memiliki peringkat paling tinggi yakni berada di posisi ke-25 meraup poin 40,74.

Tepat di bawah Buriram United, ada klub asal Filipina, Ceres Negros yang menempati ranking ke-26 dengan poin 39,79.

Thailand kembali menempatkan wakilnya melalui klub Muangthong United yang berada di urutan 32, dengan poin 32,74. Klub Singapura, Home United masuk posisi ke-43 yang mengemas 29,41 poin.

Lantas, dimana posisi klub-klub asal Indonesia? Tim Tanah Air dengan posisi tertinggi ditempati oleh Persija Jakarta yang menduduki urutan 77 dengan poin 16,06.

Posisi Persija lebih tinggi ketimbang klub Australia, Adelaide United yang ada di posisi 83. Juara Liga 1 2019 berada di urutan 85 yang mengantongi 12,07 poin.

Sedangkan, juara Piala Indonesia 2019 yakni PSM Makassar ada di ranking 88 usai meraup poin 11,71.