Target Timnas Basket Indonesia usai Kalah dari Korsel dan Filipina

Pelatih Timnas Basket Indonesia, Rajko Toroman
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

VIVA – Timnas basket Indonesia dipaksa menyerah dalam dua pertandingan Kualifikasi Piala FIBA Asia 2021. Di pertandingan perdana melawan Korea Selatan, Indonesia kalah 79-106. Sedangkan, pada laga kedua, Indonesia dipecundangi Filipina dengan skor 70-100.

Hasil kualifikasi tahap 1 ini membuat langkah Indonesia untuk lolos menjadi semakin berat. Terlebih, pada tahap kedua dan ketiga, Indonesia akan kembali bertemu Filipina dan Korea Selatan, serta 2 laga melawan Thailand. 

Maka dari itu, pelatih Timnas basket Indonesia, Rajko Toroman, meminta anak asuhnya untuk fokus menghadapi Thailand. Sebab, pertandingan melawan Korea Selatan dan Filipina, sudah pasti Indonesia akan kembali mengalami kesulitan. 

"Saat ini, kami berada di rangking 88 dan rangking mereka (Korsel dan Filipina) jauh lebih tinggi dari kami. Liga mereka juga lebih baik. Jadi, target kami adalah mengalahkan Thailand," ucap Toroman, di Mahaka Arena, Minggu 23 Februari 2020.

Akan tetapi, Toroman mengingatkan kepada skuat besutannya untuk tidak menganggap remeh Thailand. Terlebih, Toroman mengakui, permainan Indonesia masih jauh dari kata sempurna. 

"Di situasi seperti ini, Anda tak bisa mengharapkan kami menang di semua laga tanpa adanya bantuan. Makanya, saya tak peduli Thailand hanya kalah tipis, karena saya lihat Korsel sedang tampil tak maksimal," ujarnya. 

"Jadi, di tahap selanjutnya, kami dan Thailand akan berusaha meraih banyak kemenangan. Memang, setelah undian waktu itu keluar, realistisnya adalah mengalahkan Thailand," kata pelatih asal Serbia tersebut.