Geger, Mayu/Wakana Rebut Ranking 1 Bulutangkis Dunia dari Yuki/Sayaka

Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara
Sumber :
  • BWF

VIVA – Perubahan besar ternyata tak cuma terjadi pada daftar ranking ganda putra bulutangkis dunia. Tapi juga terjadi di ranking dunia ganda putri.

Bahkan, lebih menggegerkan,  sebab tahta ranking 1 dunia kini telah berpindah tangan.

Juara dunia ganda putri, Mayu Matsutomo/Wakana Nagahara mengkudeta ranking 1 dunia dari tangan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.

Peristiwa ini terjadi di pekan ke 18. Dalam Daftar ranking bulutangkis dunia yang diterbitkan Federasi Bulutangkis Dunia alias BWF, Yuki/Sayaka tergusur ke ranking 2 dunia. Dan tahta tertinggi ranking dunia ganda putri diduduki Mayu/Wakana.

Mayu/Wakana mengkudeta ranking 1 dunia setelah koleksi poin mereka melampaui perolehan poin milik Yuki/Sayaka.

Mayu/Wakana menduduki ranking 1 dunia dengan poin 95.770. Sedangkan, Yuki/Sayaka tergusur ke ranking 2 dunia dengan poin 94.358.

Ranking 1 dunia lepas dari tangan Yuki/Sayaka setelah poin mereka turun cukup drastis. Pekan lalu koleksin poin mereka masih berada di angka 96.958 atau turun sebanyak 2.600 poin.

Sementara di saat bersamaan, Mayu/Wakana berhasil menambah koleksi poin, pekan lalu perolehan poin mereka hanya sebesar 94.390 atau naik sebanyak 1.380 poin dari pekan lalu.

Yuki/Sayaka sudah cukup lama bertahan di ranking 1 dunia, mereka pertama kali merebut ranking 1 dunia pada 8 Agustus 2018, usai merebut medali perak di World Championships 2018.

Sementara itu, Mayu/Wakana pada pekan lalu baru saja naik dari ranking 3 ke ranking 2 dan naik lagi merebut ranking 1 dunia.