Anthony Ginting Keok Dihajar Raja Raksasa Bulutangkis Dunia yang Lelah

Anthony Sinisuka Ginting.
Sumber :
  • PBSI

VIVA – Anthony Sinisuka Ginting gagal lolos ke semifinal New Zealand Open 2019 setelah dihajar raja raksasa bulutangkis dunia, Lin Dan dalam pertandingan melelahkan.

Dalam duel yang digelar di lapangan 1 Eventfinda Stadium, Auckland, New Zealand, Jumat sore, 3 Mei 2019, Ginting dihajar Lin Dan dalam rubbergame dengan skor 2-1.

Pada awal gim pertama, Ginting mendapatkan 1 poin pembuka duel. Sayangnya, dia tampak kehilangan fokus dalam meladeni Lin Dan, terbukti 6 kesalahan diperbuat. Bola-bola dari Ginting kerap tersangkut di net dan juga melebar ke luar area pertandingan.

Dan Lin Dan sempat unggul pada kedudukan 4-7. Jelang jeda, pemegang gelar 5 kali juara dunia itu semakin di atas angin, dia masih unggul 8-11.

Usai jeda, Ginting sempat memperkecil kedudukan jadi 10-11. Tapi, smes menyilang dari Lin Dan kembali memperlebar poin jadi 10-13.

Dalam kondisi tertinggal angka, Ginting berusaha bangkit, beberapa smes menyilang mematikan berhasil dilepaskan dan mendarat mulus di lapangan Lin Dan. Tapi, Lin Dan juga tak mau kalah, smes tajamnya juga membuat Ginting kewalahan. Poin terus berpacu pada jarak 2 poin untuk keunggulan Lin Dan dengan skor 14-16.

Pada menit 18, Ginting berhasil menyamakan poin jadi 16-16, dua poin didapatkan dari smes melebar dari Lin Dan dan sebuah bola tipuan di depan net dari Ginting.

Memasuki waktu krusial mendekati akhir gim, tensi permainan meningkat drastis, Ginting lebih agresif menyerang, Lin Dan juga sama.

Sayagnya, 4 poin beruntun didapatkan Lin Dan dengan mudah untuk mempelebar jarak jadi 16-20. Ginting berusaha mengagalkan kemenangan Lin Dan. Dia menggempur pertahanan Lin Dan dan hebatnya, dia berhasil mendapatkan 4 poin beruntun untuk menyamakan kedudukan jadi 20-20 dan menciptakan deuce.

Sebuah smes keras Ginting mendarat mulus dan berbalik unggul 21-20. Namun, sebuah kesalahan dari Ginting membuat poin kembali sama kuat 21-21.

Lin Dan sempat berbalik unggul setelah bola pendeknya masuk. Tapi dia juga membuat kesalahan sehingga poin imbang pada kedudukan 22-22. Kegagalan Ginting menyeberangkan bola membuat Lin Dan unggul 22-23. Tapi, smes menyilang Ginting membuat skor sama kuat lagi 23-23.

Akhirnya pada menit 29, Lin Dan menggempur pertahanan Ginting, serangan cepatnya gagal diantisipasi Ginting dan Lin Dan memenangkan duel di gim pertama dengan poin 23-25.

FOTO: Lin Dan mulai kelelahan di gim kedua.

Pada gim kedua, Ginting membuka laga dengan mendapatkan 3 poin beruntun karena kesalahan dari Lin Dan. Di menit 33, smes menyilang dari Lin Dan masuk dengan mulus dan mengubah angka di papan skor jadi 3-1.

Pada menit ke 35 saat kedudukan 5-3, terjadi pertarungan yang luar biasa, Lin Dan berhasil mengembalikan smes keras dari Ginting, meski sambil terbang jatuh di lapangan. Dan bola pengembalian Lin malah menghasilkan poin untuk memperkecil jarak jadi 5-4.

Namun, setelah pertarungan itu, Lin Dan terlihat mulai kehilangan fokus dan kelelahan, dengan mudahnya Ginting mendapatkan 6 poin secara beruntun dan unggul jelang jeda pada kedudukan 11-4.

Usai jeda, permainan Lin Dan semakin memburuk, bola-bola pengembaliannya banyak hinggap di net dan jatuh di lapangan sendiri. Ginting juga tak henti-henti menggempur Lin Dan. Dampaknya di menit 42, Ginting unggul jauh pada skor 15-5.

Konidisi Lin Dan tampak sudah sangat lelah, bahkan dia tak mampu lagi mengejar bola-bola dari Ginting. Akhirnya di menit 42 dengan mudah Ginting merebut kemenangan gim kedua dengan poin telak 21-6. Dan memaksa Lin Dan main 1 gim lagi.

Di gim terakhir, Ginting mulai kehilangan konsentrasi di awal gim saja dia sudah tertinggal 1-5 dari Lin Dan. Terlihat tenaga Ginting mulai terkuras karena menggempur Lin Dan di gim kedua.

Kesalahan terus diperbuat Ginting, bola-bola darinya terlalu lemah dan tersangkut di net. Hasilnya, Lin Dan unggul dengan poin sangat jauh, 2-8. Dan jelang jeda Lin Dan unggul 4-11.

Usai jeda, Ginting berusaha mengejar poin Lin Dan. Dia berusaha mengefektifkan serangan dengan pukulan keras yang mematikan, hasilnya cukup memuaskan apalagi Lin Dan juga tampak sudah lelah.

Perlahan tapi pasti, satu demi satu poin didapatkannya dan pada menit 58 poin di papan skor berubah drastis jadi 8-15.

Ginting mulai menemukan cara menguasai pertandingan, dia mulai berusaha bermain reli panjang untuk menguras tenaga Lin Dan. Hasilnya lumayan baik, poin mendekati jadi 11-16.

Mendekati akhir duel, Ginting kembali banyak membuat kesalahan yang menguntungkan Lin Dan, akhirnya pada menit 64, Lin Dan menutup pertarungan pada kedudukan 21-12.

Di semifinal nanti, Lin Dan akan bertemu dengan Ng Ka Long Angus. Pemain Hong Kong ini baru saja lolos usai mengalahkan pemain muda Malaysia Lee Zii Jia.

Baca: Lumat Duo Hong Kong, Hafiz/Gloria Tantang Si Seksi Goh di Semifinal