Heboh, 3 Pertempuran Bulutangkis Aneh bin Ajaib di Sudirman Cup

Mark Caljouw vs Brice Leverdez.
Sumber :

VIVA – Sudirman Cup 2019 benar-benar penuh dengan kejadian-kejadian yang sungguh di luar dugaan. Salah satu yang menjadi sorotan pecinta bulutangkis dunia ialah pertempuran ajaib di net.

Ada 3 pertempuran ajaib di net yang mendapat sorotan dunia versi Federasi Bulutangkis Dunia alias BWF.

Pertempuran ajaib pertama terjadi ketika Denmark berhadapan dengan Inggris di penyisihan grup 1B. Berlangsung saat duel antara raja bulutangkis dunia, Viktor Axelsen berhadapan dengan Toby Penty.

Saat itu duel berlangsung di gim pertama, dan Viktor unggul pada kedudukan 14-8. Awalnya Viktor melakukan servis pendek ke Toby. Lalu, pebulutangkis berkepala plontos ini mengembalikan bola hasil servis itu dengan pukulan ringan tipis di net.

Meski sempat terkecoh, Viktor berhasil mengamankan pertahanannya dan mengembalikan bola juga dengan pukulan sama. Toby pun memburu bola pendek itu, dan untuk kedua kalinya mengembalikan bola lebih tipis lagi di atas net.

Bahkan, bola hasil pengembalian dari Toby sempat berhenti sekejap di ujung net. Viktor terlihat terkecoh.

Tapi, saat bola jatuh, Viktor berhasil mengembalikannya. Sayangnya bola pengembalian dari Viktor benar-benar tanggung mengambang di atas net. Toby pun tak menyia-nyiakan kesempatan, dia langsung menyambar bola tanggung itu.

Namun apa yang terjadi, ajaibnya Viktor tiba-tiba saja berhasil mengadang laju bola hasil sambaran Toby itu.

Dan anehnya, bola itu berbalik arah ke area pertahanan Toby dan  mulus mendarat di tengah lapangan.

Toby pun sempat memprotes hal itu kepada wasit, dia menganggap Viktor melakukan pelanggaran karena raketnya berada pada posisi melampaui batas net saat mengadang bola sambaran Toby. Sayangnya, keputusan wasit berbeda dari protes Toby, wasit menilai tak ada pelanggaran yang dilakukan Viktor.

Dalam pertandingan itu, Viktor akhirnya berhasil mengalahkan Toby dalam rubbergame dengan poin 21-11, 13-21 dan 21-17.

Lihat video berikut:

Pertempuran ajaib kedua terjadi saat Rusia berhadapan dengan Thailand. Terjadi ketika Kantaphon Wangcharoen berhadapan dengan Vladimir Malkov.

Pada gim kedua, terjadi reli panjang pada kedudukan 7-7. Awalnya Kantaphon dan Vladimir sama-sama berbalas pukulan melambung tinggi. Namun, tiba-tiba saja Vladimir menipu Kantaphon dengan melepaskan ringan menipis di net.

Meski sempat terkejut dengan bola net itu, tapi Kantaphon berhasil meraih bola dan mengembalikan bola tipis di atas net. Saat itu terlihat Vladimir sempat panik, terlihat raketnya terpaksa diayun agak bawah agar bisa menggapai bola dari Kantaphon.

Sebab ternyata bola dari Kantaphon sempat berubah arah. Karena sempat tersangkut di net.

Dan apa yang terjadi, Vladimir berhasil menepis bola untuk melewati net. Aneh bin ajaib terlihat bola dari Vladimir naik tak sempurna ke atas net dan menembus pertahanan Kantaphon.

Kantaphon yang tak menyangka Vladimir bakal bisa mengembalikan bola darinya terlihat kaget. Dan berusaha meraih bola, sayang usahanya gagal karena bola datang benar-benar tipis menjalari net. Poin pun bertambah untuk Vladimir.

Terlihat Vladimir meminta maaf kepada Kantaphon atas bola aneh itu dan wasit juga tampak tersenyum dengan kejadian itu.

Lihat video berikut ini:

Kejadian ajaib yang paling heboh terjadi di saat Belanda berhadapan dengan Prancis dan lagi-lagi terjadi di sektor tunggal putra.

Peristiwa ini benar-benar bikin heboh karena terjadi di waktu krusial rubbergame duel antara Mark Caljouw dengan Brice Leverdez.

Ketika itu poin keduanya benar-benar tipis yakni 20-21 untuk keunggulan sementara Brice. Usai Brice melepaskan servis terjadi pertempuran di depan net. Setelah beberapa kali tik tok bola, tiba-tiba Brice memberikan bola net menyilang ke area kanan pertahanan Mark.

Mark terlihat terkejut dengan bola net menyilang itu, sambil terjatuh dia memburu bola itu dan berhasil mengembalikan bola. Sayang, bola pengembaliannya tanggung dan mengambang di atas net.

Brice lalu berlari menyambar bola itu sembari melepas backhand menyilang. Namun, aneh bin ajaib dalam kondisi tubuh terduduk di lapangan, Mark tiba-tiba berhasil menepis bola dari Brice dengan cuma mengadang laju bola dengan mengangkat raket.

Bola pun tertepis dan berbalik arah. Brice pun tak berdaya menahan laju bola, dia sangat-sangat tak menyangka Mark bisa menipis bola matang darinya.

Mark pun berteriak histeris kegirangan dengan apa yang baru saja terjadi. Dia berlari kegirangan sembari mengangkat-angkat raketnya. Dan dia berhasil menyamakan poin jadi 21-21.

Dalam duel itu, akhirnya Mark berhasil mempecundangi Brice dengan poin 21-15, 11-21 dan 27-25.

Lihat video berikut ini:

Baca: Tubuh Ratu Bulutangkis Dunia Terpental Dahsyat Kena Smes Gadis Rusia