Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Minggu, 26 Mei 2019 | 05:30 WIB

30 Tahun Piala Sudirman Tak Pulang Kampung

Team VIVA »
Robbi Yanto
Foto :
  • BWF
Trofi Piala Sudirman.

VIVA – Kegagalan kembali lagi menaungi tim bulutangkis Indonesia. Anak-anak Cipayung kembali gagal memenuhi misi untuk membawa pulang Piala Sudirman, yang sudah 30 tahun tak pernah lagi singgah ke Tanah Air.

Terakhir kali, Piala Sudirman didapat Indonesia, yaitu pada gelaran pertama pada 1989, Setelah itu, raihan terbaik tim Merah-Putih hanya sampai di partai final sebanyak enam kali, yaitu pada 1991, 1993, 1995, 2005, dan 2007.

Baca Juga

Piala Sudirman 2019 yang digelar di Guangxi Sports Center, Nanning, China, 19-26 Mei 2019, merupakan keikutsertaan Indonesia yang ke-16 kalinya. Sesuai namanya (Sudirman), tentunya sangat khas dengan Indonesia.

Mungkin nama Sudirman lebih populer sebagai sosok pahlawan nasional, yakni Jendral Sudirman. Namun, nyatanya, dikutip BWF Badminton, Piala Sudirman merupakan sebuah bentuk penghormatan dan apresiasi dunia untuk seorang pebulutangkis Indonesia bernama Dick Sudirman.

Dia merupakan salah satu pendiri Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yang terbentuk pada 5 Mei 1951, dan menjadi jembatan untuk menggabungkan dua organisasi bulutangkis dunia, International Badminton Federation (IBF) dengan World Badminton Federation (WBF). Pada 1981. Sejak 1981 hingga kini, kedua organisasi itu bisa disatukan menjadi BWF (Badminton World Federation)

Namun, permasalahannya, Piala Sudirman yang merupakan milik dan berasal dari Indonesia lebih sering menjadi milik China. Total, 10 gelar juara dicatatkan negeri Tirai Bambu. Setelah itu, Korea Selatan mengoleksi empat kali juara.

Topik Terkait
Saksikan Juga
VIDEO: Anthony Ginting Juara, Fans Histeris!
SPORT - 7 bulan lalu
Terpopuler