Nasib Tragis Fajar/Rian Akibat Tak Dimainkan di Sudirman Cup

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.
Sumber :
  • PBSI

VIVA – Sungguh tragis nasib Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, mereka akhirnya terdepak dari ranking 5 bulutangkis dunia, gara-gara tak pernah dimainkan di Sudirman Cup 2019.

Dalam daftar ranking dunia terbaru pekan 22 yang diterbitkan Federasi Bulutangkis Dunia atau BWF, Selasa, 28 Mei 2019, Fajar/Rian didepak duo Jepang, Yuta Watanabe/Hiroyuki Endo.

Fajar/Rian tergusur satu peringkat ke ranking 6 dunia setelah koleksi poin mereka disalip Yuta/Hiroyuki. Poin Fajar/Rian saat ini berjumlah 70.515. Sedangkan Yuta/Hiroyuki 71.573 poin.

Sebelumnya pekan lalu, Yuta/Hiroyuki telah mengkoleksi poin sebanyak 69.430. Namun, pekan ini melonjak jadi 71.573 poin setelah mendapatkan poin tambahan sebesar 6.943 poin dari Sudirman Cup 2019. Sementara Fajar/Rian sejak pekan lalu hingga tertahan di angka 70.515.

Fajar/Rian tak mendapatkan poin tambahan karena tak diberikan kesempatan untuk bertanding di Sudirman Cup 2019. Padahal, mereka tercatat dalam skuat utama Indonesia dan ikut ke Kota Nanning. China.

Fajar/Rian pertama kali menduduki ranking 5 dunia pada pekan 16, pertengahan April 2019. Mereka merebut ranking 5 dunia dari tangan Han Chengkai/Zhou Haodong.

Perlu diketahui, selama ikut tim Sudirman Cup 2019, memang Fajar/Rian selalu berada di bangku cadangan. Karena pelatih hanya menurunkan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcu Fernaldi Gideon dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Baca: Keperkasaan China di Sudirman Cup Ternoda Gara-gara Pebulutangkis Ini