Mengejutkan, Ranking 34 Dunia Kalahkan Ahsan/Hendra di Australian Open

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.
Sumber :
  • PBSI

VIVA – Ganda putra Korea Selatan, Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol kembali membuat kejutan di Australian Open 2019. Secara tak terduga mereka mengalahkan juara dunia 2 kali, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di lapangan 3, Quaycentrea, Sydney, Australia, Jumat sore, 7 Juni 2019, Ko/Shina bahkan bisa mengalahkan ranking 4 dunia itu cuma dalam dua gim.

Pada gim pertama, Ko/Shin langsung tampil menekan Ahsan/Hendra, cara itu sangat efektif, terbukti mereka berhasil unggul dari awal gim hingga jeda turun minum dengan angka 11-9.

Usai jeda, Ko/Shin kembali menambah angka untuk menjauh. Tapi, Ahsan/Hendra sempat bisa menyamakan pon jadi 14-14. Sayangnya, di waktu yang tersisa. Ahsan/Hendra tampil tak konsisten dan Ko/Shin merebut kemenangan dengan poin 21-15.

Di gim kedua, juara All England Open 2019 itu membuka peluang dengan meraih poin pembuka. Sayangnya, Ko/Shin membalasnya dengan 7 poin beruntun dan unggul 7-1.

Dalam kondisi tertinggal angka cukup jauh, Ahsan/Hendra perlahan mulai bermain tenang. Satu persatu poin didapatkan untuk merapatkan lagi jarak perolehan angka, hingga jelang jeda jarak poin sudah dekat pada kedudukan 11-8.

Setelah jeda turun minum, tepatnya di menit 27, Ahsan/Hendra berhasil menyamakan poin pada kedudukan 14-14. Sayangnya, mereka gagal membalikkan keadaan dan malah tertinggal lagi pada angka 16-14. Akhirnya pada menit 29, Ko/Shin memastikan diri melaju ke semifinal dengan merebut kemenangan kedua pada kedudukan 21-15.

Di semifinal nanti, mereka akan bertanding melawan pemenang laga antara juara dunia, Li Junhui/Liu Yuchen dengan wakil Taiwan, Liao Min Chun/Su Ching Heng.

Sementara, akibat kekalahan Ahsan/Hendra ini, tak ada lagi ganda putra Indonesia yang tersisa di turnamen ini. Semua sudah tersingkir.

Di Australian Open 2019 ini penampilan Ko/Shin memang mencuri perhatian pegiat bulutangkis. Sebab, meski hanya bermodal ranking 34 dunia, mereka berhasil menciptakan kejutan dengan mengalahkan raja ganda putra Asia, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe di babak 32 besar dan juara bertahan Australian Open 2018, Berry Angriawan/Hardianto di babak 16 besar.

Baca: Duel Tommy Vs Anthony Ginting di Australian Open Berakhir Tragis