Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 25 Juni 2019 | 07:00 WIB

Fakta Ganasnya Ratu Para-Badminton RI saat Gegerkan Dunia di Irish

Team VIVA »
Bayu Adi Wicaksono
Foto :
  • Leani
Leani Ratri Oktilla.

VIVA – Nama Leani Ratri Oktilla menggetarkan dunia setelah merebut 3 medali emas sekaligus di Irish Para-Badminton International 2019.

Hebatnya lagi, Leani mendapatkan 3 tahta juara itu hanya dalam satu hari saja.

Baca Juga

Gelar juara pertama didapatkan Leani di sektor ganda campuran SL 3 - SU 5. Di menjuarai sektor ini berpasangan dengan Hary Susanto.

Tak lama setelah itu, Leani kembali naik ke podium juara, kali ini di sektor tunggal putri SL 4.

Terpopuler

Gelar juara ketiga direbut Leani di sektor ganda putri SL 3 - SU 5, dia berpasangan dengan Khalimatus Sadiyah Sukohandoko.

Jejak rekam Leani mendapatkan 3 medali emas sangat menakutkan, dia harus berhadapan dengan atlet-atlet para-badminton hebat dari berbagai negara di dunia dan semuanya dilumat tanpa ampun.

Berikut sepakterjang Leani merebut 3 tahta juara di Irlandia:

Ganda campuran SL 3 - SU 5

Untuk gelar juara ganda campuran SL 3 - SU 5, setidaknya Leani dan Hary Susanto harus menumbangkan 5 pasangan. Di babak penyisihan, Hary/Leani bermain di grup A.

Dan lawan pertama mereka adalah Umesh Vikram Kumar/Palak Kohli. Pasangan asal India ini dihajar cuma dalam waktu 16 menit saja dengan angka 21-4 dan 21-9.

Pada laga kedua grup  A, Hary/Leani berhadapan dengan ganda campuran dua negara, Diogo Daniel dari Portugal dan Eva Jacobsen dari Kepulauan Faroe. Diogo/Eva tak berkutik ditekuk dengan waktu 13 menit dengan angka 21-7 dan 21-2.

Dua kemenangan di grup A membuat Hary/Leani lolos ke perempatfinal. Dan kali ini Hary/Leani berusaha diadang ganda campuran asal dua negara Tarun dari India dan Coraline Bergeron dari Prancis. Tapi, Hary/Leani masih terlalu tangguh bagi mereka.

Tarun/Caroline dipecundangi dengan angka telak 21-8 dan 21-8. Dan uniknya, Hary/Leani juga cuma menghabiskan waktu 16 menit saja untuk menang. Dan Hary/Leani pun lolos ke perempatfinal.

Di perempatfinal, Hary/Leani melumat wakil Jepang, Tetsuo Ura/Noriko Ito dalam 20 menit dengan angka 21-7 dan 21-11. Mereka pun lolos ke semifinal.

Lalu di semifinal, Hary/Leani mengalahkan Siripong Teamarrom/Saensupa Nipada. Wakil Thailand itu dikalahkan dengan angka 21-9 dan 21-10.

Hary/Leani memastikan naik podium juara setelah di partai final mengalahkan wakil Prancis, Lucas Mazur/Faustine Noel.

Dalam laga puncak yang dilangsungkan di Dublin, Irlandia, Hary/Leani mengalahkan Lucas/Faustine dalam laga selama 54 menit dengan poin 16-21 21-16 dan 21-10.

Tunggal putri SL 4

Lawan tanding pertama Leani di sektor tunggal putri SL 4 ialah pemain Jepang, Fujino Haruka. Dalam laga grup A itu, Leani mengalahkan Fujio dalam 18 menit dengan poin 21-8 dan 21-14.

Lalu di laga kedua grup A, Leani mengalahkan Emma Louise Stoner, pemain asal Inggris ini kalah dengan angka telak 21-8 dan 21-8. Kerennya Leani hanya butuh waktu 15 menit saja untuk menang. Hary/Leani pun lolos ke perempatfinal.

Pada laga perempatfinal, Leani bertemu lagi dengan Eva Jacobsen, sayang pemain itu memutuskan walkover dan Leani melaju ke semifinal.

Di semifinal, Leani juga kembali bertemu lawan yang dikalahkannya di ganda campuran yaitu, Faustine Noel. Duel dengan pemain Prancis itu sangat alot.

Leani dipaksa bermain hampir 2 jam tercatat duel berlangsung selam 1 jam 56 menit dan Leani menang dengan angka yang juga telak, 21-5 dan 21-9.

Pada partai puncak, Leani juara berhadapan dengan unggulan 2, Helle Sofie Sagoy. Meski bermain rubbergame. Tapi Leani berhasil mengalahkan pemain Norwegia itu dalam 30 menit saja dengan angka 14-21, 21-12 dan 21-11. Medali emas kedua pun diraihnya.

Ganda putri SL 3 - SU 5

Leani juga turun bersama Khalimatus Sadiyah Sukahandoko di sektor ganda putri SL 3 - SU 5. Di sektor ini mereka berada di grup A. Di laga pertama penyisihan grup, Leani/Khalimatus berhadapan dengan Zehra Baglar/Halime Yildiz. Tapi duo asal Tukir ini dilibas dalam waktu 17 menit dengan angka 21-9 dan 21-8.

Selanjutnya di pertandingan kedua, Leani/Khalimatus menghancurkan Lenaig Morin/Faustine Noel. Duo Prancis ini dikalahkan dalam waktu 18 menit dengan poin 21-6 dan 21-8.

Kemenangan itu mengantar Leani/Khalimahtus melaju ke perempatfinal untuk berhadapan dengan Katrin Seibert/Thoyr Wieben. Duo Jerman itu juga tak berdaya menghentikan langkah duo RI itu. Mereka dikalahkan dengan angka kembar 21-11 dan 21-11.

Leani/Khalimatus pun lolos ke semifinal dan menantang Noriko Ito/Ayako Suzuki. Meski sempat memaksakan terjadinya rubbergame, tapi duo Jepang itu juga tak mampu berbuat banyak, mereka pun tumbang dengan angka 21-15, 22-24 dan 21-9

Pada partai final, Leani/Khalimatus kembali berjumpa Lenaig Morin/Faustine Noel. Di pertemuan kedua ini, wakil Prancis itu kembali dihancurkan dengan angka telak 21-11 dan 21-18.

 

 

 

Topik Terkait
Saksikan Juga
Bungkam Duo Jepang, Minions ke Final BAC 2019
SPORT - 3 bulan lalu