Fantastis, Ratu Bulutangkis Eropa Melejit ke Ranking 15 Dunia

Mia Blichfeldt dan Kirsty Gilmour.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Tak hanya Anders Antonsen, raja tunggal putra Eropa saja yang namanya melambung drastis setelah menjuarai European Games 2019. Ternyata juga dialami ratu Eropa, Mia Blichfeldt.

Bahkan, dalam daftar ranking bulutangkis dunia yang baru saja diterbitkan Federasi Bulutangkis Dunia atau BWF, pekan 27, Selasa Pon, 2 Juli 2019, fantastisnya ranking Mia melambung lebih tinggi dari Anders. Mia naik 5 peringkat sekaligus, dari ranking 20 ke peringkat 15 dunia.

Mia menyabet tahta ratu bulutangkis Eropa karena menjuarai tunggal putri European Games 2019. Diketahui, dia mengalahkan pemain Skotlandia, Kirsty Gilmour di final.

Ranking Mia naik karena efek dari peningkatan jumlah perolehan poin hasil pertandingan. Pekan lalu koleksi poin Mia sebanyak 47.282. Di pekan ini telah naik menjadi 50.682 poin.

Kenaikan ranking ini menyebabkan terjadi perubahan drastis di daftar 20 ranking tertinggi bulutangkis dunia. Perlu diketahui, Mia merebut ranking 15 itu dengan menggusur Aya Ohori. Gadis Jepang itu terdepak ke ranking 16 dunia dengan jumlah poin 49.644.

Sementara itu, meski cuma meraih medali perak di ajang olahraga Eropa empat tahunan itu, tapi Kirsty juga mengalami kenaikan ranking. Dia naik 2 peringkat dari ranking 24 ke 22 dunia.

Kirsty menggusur Li Xue Rui dan pemain Thailand, Busanan Ongbamrungphan. Mereka berdua tergeser turun ke ranking 23 dan 24.

Baca: Hebat, Raja Bulutangkis Eropa Meroket ke Ranking 10 Dunia