Greysia/Apriyani Fokus 'Bedah' Kekuatan Lawan di Indonesia Open

Ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu.
Sumber :
  • PBSI

VIVA – Duet Greysia Polii/Apriyani Rahayu bakal tetap jadi salah satu tumpuan skuat Merah Putih di sektor ganda putri, jelang perhelatan Blibli Indonesia Open 2019 BWF World Tour Super 1000 pads 16-21 Juli mendatang di Istora Senayan, Jakarta.

Pasangan ini pun, terus dalam pantauan Kepala Pelatih Ganda Putri PBSI, Eng Hian, demi mampu menorehkan capaian terbaik di turnamen berhadiah total sebesar US$1.250.000.

Eng Hian menyebutkan, Greysia/Apriyani dan tim ganda putri tengah menjalani program persiapan khusus, setelah melihat calon-calon lawan dari hasil undian yang dirilis. 

"Kondisi anak-anak bagus, suasana latihan juga bagus. Persiapan khusus jelang Indonesia Open, tentunya ada," ungkap Eng Hian dalam rilis resmi PBSI.

"Draw kan sudah keluar, paling tidak ada gambaran si A, si B, si C akan lawan siapa, pola yang diterapkan apa, kalau lolos ketemu siapa. Ada progam spesifik yang bisa kami berikan, atlet juga bisa persiapkan diri untuk analisa lawan lewat video," ujar pelatih yang akrab disapa coach Didi itu. 

Greysia/Apriyani yang kini duduk di peringkat lima dunia, akan bertemu dengan wakil Jepang, Ayako Sakuramoto/Yukiko Takahata pada babak pertama.

Kedua pasangan sudah pernah bertemu satu kali dan pertemuan dimenangkan oleh Greysia/Apriyani di Japan Open 2018. Kala itu, Greysia/Apriyani menang dengan rubber game, 14-21, 21-16 dan 21-10. 

"Penampilan Greysia/Apriyani dari Piala Sudirman ke Australia Open, ada peningkatan. Ini yang mau saya jaga momentumnya. Sekarang, mereka bisa lebih menikmati permainan," ujar coach Didi.

"Intinya, mau lawan siapa pun, enggak cuma pasangan Jepang, harus ada keyakinan dari Greysia/Apriyani, tidak boleh ada keraguan," jelas Eng. 

Greysia/Apriyani juga sempat membuat kejutan dengan mengalahkan pasangan rangking satu dunia asal Jepang, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara di ajang Australia Open 2019 pada awal Juni lalu.

"Indonesia Open ini kan turnamen di rumah sendir,i yang prestisius dan levelnya tinggi. Kami tentunya mau menunjukkan prestasi yang terbaik," ucap Eng. 

Selain Greysia/Apriyani, masih ada empat wakil lagi yang akan bertanding. Mereka adalah pasangan Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris, Yulfira Barkah/Jauza Fadhila Sugiarto, Virni Putri/Agatha Imanuela, serta Nadya Melati/Tiara Rosalia Nuraidah. (asp)