Fakta Sosok Paling Menakutkan di Lapangan Bulutangkis Senayan

Indonesia Open 2019.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menjadi momok paling menakutkan lawan-lawannya di Istora Senayan, Jakarta.

Bagaimana tidak, dalam dua tahun terakhir ini, tak ada ganda putra dari negara manapun di dunia ini yang mampu menjadi juara di Istora.

Perlu diketahui, Indonesia memiliki 2 turnamen besar yang menjadi buruan pebulutangkis dunia, yakni Indonesia Masters dan Indonesia Open.

Saat ini gelar juara ganda putra di kedua turnamen ini berada di genggaman The Minions. Bahkan, di Indonesia Masters Kevin/Marcus sudah 2 tahun beruntun juara di tahun 2018 dan 2019.

Namun, yang patut ditunggu, apakah ranking 1 ganda putra dunia itu akan menjadi momok paling menakutkan lagi di Senayan pada Indonesia Open Super 1000?

Jika berkaca pada Indonesia Masters 2019, tentu saja bangsa Indonesia optimis Kevin/Sanjaya akan bisa kembali menguasai tahta juara turnamen bulutangkis termahal dunia ini.

Lihat saja penampilan mereka di Indonesia Masters 2019 lalu, sangat-sangat baik. Meskipun harus 3 kali berhadapan dengan rekan senegara.

Di babak 32 besar mereka menghajar duo Jerman, Mark Lamfuss/Marvin Seidel. Lalu di babak 32 besar mereka kalahkan Wahyu Nayaka/Ade Yusuf.

Berikutnya di perempatfinal Kevin/Marcus menghancurkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Di semifinal menaklukkan raja ganda putra Eropa, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen. Dan di final menang atas senior mereka, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Tapi ada fakta lain yang harus dipertimbangkan. Sepanjang tahun 2019 ini, Kevin/Marcus telah gagal mempertahankan salah satu gelar juara yang pernah mereka dapatkan di tahun 2018.

Dan yang parahnya lagi, tahta juara yang raib dari tangan mereka merupakan tahta turnamen tertua dunia dengan level Super 1000. Ya, Kevin/Marcus gagal mempertahankan gelar juara All England Open 2019.

Bahkan, mereka harus angkat kaki dari Birmingham di laga perdana usai dikalahkan juara dunia 2017, Liu Cheng/Zhang Nan.

Sejak kehilangan gelar juara All England Open hingga jelang Indonesia Open dilangsungkan, Kevin/Marcus belum perah lagi merebut gelar juara.

Di Malaysia Open 2019, mereka cuma sampai melaju ke perempatfinal karena dikalahkan Fajar/Rian. Lalu di Singapore Open 2019 Kevin/Marcus cuma bisa melaju sampai semifinal sampai akhirnya dihancurkan ranking 2 dunia, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Baca: Lagi, Ganda Jepang Jadi Korban Ganasnya Raksasa Tua Bulutangkis Korea