Pemain Saling Bunuh, China Rebut 3 Tiket 16 Besar Indonesia Open

Zheng Siwei/Huang Yaqiong.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Meski Indonesia Open 2019 baru akan dimulai besok, Selasa Pahing, 16 Juli 2019. Tapi, ada beberapa negara yang sudah mengantongi tiket lolos ke babak kedua turnamen BWF Super 1000.

Negara-negara itu mendapatkan tiket lolos karena pebulutangkis mereka terlibat dalam laga derby alias perang saudara saling bunuh di babak 32 besar.

Berdasarkan hasil undian Indonesia Open 2019, terdapat 3 negara yang memastikan tiket lolos ke babak 16 besar tanpa harus menunggu hasil pertandingan. Ketiga negara itu di antaranya, Indonesia, Thailand dan China.

Dari ketiga negara, China menjadi negara terbanyak mendapatkan tiket lolos ke babak 16 besar, tercatat negeri panda mendapatkan 3 tiket lolos.

FOTO: He Bingjiao.

Tiket pertama didapatkan dari sektor tunggal putri melalui duel Chen Xioaxin vs He Bingjiao. Kedua pebulutangkis ini terlibat perang saudara sebab berada di seksi yang sama yaitu di seksi 6.

Tiket kedua didapatkan China dari sektor ganda putra. Di sektor ini duet He Jiting/Tan Qiang bentrok dengan Di Zijian/Wang Chang di seksi 7.

Dan satu tiket terakhir didapatkan dari sektor ganda campuran setelah dalam hasil undian sang juara dunia, Zheng Siwei/Huang Yaqiong harus berhadapan dengan He Jiting/Du Yue.

Sementara itu, Indonesia dan Thailand masing-masing mendapatkan 1 tiket lolos ke babak kedua. Indonesia mendapatkannya dari sektor ganda campuran melalui derby Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari melawan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.

Sedangkan negeri gajah putih mendapatkan 1 tiket dari pertempuran senegara antara ganda campuran andalan mereka, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai melawan Nipitphon Phuangphuapet/Savitree Amitrapai.

Sebenarnya derby di babak perdana Indonesia Open adalah sebuah kerugian besar. Sebab, bagaimana pun akan mengurangi peluang untuk merebut gelar juara.

Baca: Cedera Parah, Ini Pengganti Raja Bulutangkis Dunia di Indonesia Open