Ruselli Hartawan Jadi Korban Pertama Ganasnya Indonesia Open 2019

Ruselli Hartawan.
Sumber :
  • PBSI

VIVA – Ruselli Hartawan menjadi pebulutangkis tuan rumah yang menjadi korban pertama ganasnya atmosfer turnamen termahal dunia Indonesia Open 2019.

Tunggal putri andalan Indonesia itu kalah di laga perdana babak 32 besar melawan ratu bulutangkis Thailand, Ratchanok Intanon.

Dalam duel yang dilangsungkan di lapangan 2 Istora Senayan, Jakarta Pusat, Selasa Pahing, 16 Juli 2019, Ruselli dikalahkan ranking 7 dunia itu dalam dua gim.

Sebenarnya di awal gim pertama ada harapan Ruselli bakal bisa mengatasi lawan yang secara ranking berbanding jauh darinya, diketahui Ruselli kini berada di ranking 38 dunia.

Ruselli sempat membuka laga dengan mendapatkan 3 poin beruntun. Namun tak menunggu waktu lama, Intanon berhasil menyamakan kedudukan. Bahkan jelang jeda turun minum, Intanon sudah membalikkan keadaan dan berbalik unggul pada kedudukan 11-7.

Usai jeda Intanon bahkan melesatkan poin dan unggul jauh dalam kedudukan 14-8. Di menit 10, Ruselli mulai menemukan kepercayaan diri, efeknya dia berhasil memangkas jarak dengan skor 14-13.

Sayang di pengujung gim, Intanon kembali tampil garang. Dan akhirnya tepat di menit 16 Intanon menutup gim dengan kemenangan 21-14.

Di gim kedua, Intanon benar-benar tak mau begitu saja menyerah meski bertanding di bawah gemuruh pendukung tuan rumah. Terbukti dia membuka laga dengan 4 poin beruntun untuk unggul 4-0.

Tertinggal angka, Ruselli berusaha menekan Intanon. Dia pun berhasil mendapatkan 2 angka pembuka. Namun, Intanon membalas dengan mendapatkan 3 angka beruntun untuk mengubah poin di papan skor menjadi 7-2 dan jelang istirahat gim kedua, Intanon unggul dengan angka telak 11-4.

Setelah jeda, kondisi tak berubah. Intanon masih mendominasi pertandingan. Ruselli juga terus berjuang untuk bisa merebut kemenangan agar bisa menciptakan rubbergame.

Sayangnya, Intanon memang jauh lebih tangguh dari Ruselli. Pada menit 36 akhirnya Intanon mengakhiri perjuangan Ruselli di turnamen berhadiah total 1.250.000 dolar Amerika Serikat itu dengan poin 21-14.

Di babak 16 besar nanti Intanon akan berhadapan dengan pemenang duel rekan senegaranya, Pompawee Chochuwong melawan wakil RI lainnya, Gregoria Mariska Tunjung.