Duel Dramatis 78 Menit, Anthony Ginting Hancurkan Pebulutangkis China

Anthony Sinisuka Ginting menang mudah atas Toby Penty di Piala Sudirman 2019
Sumber :
  • PBSI

VIVA – Anthony Sinisuka Ginting lolos ke babak 16 besar Indonesia Open 2019, setelah memenangkan duel dramatis melawan wakil China, Lu Guangzu.

Di duel yang dilangsungkan di lapangan 1, Istora Senayan, Jakarta Pusat, Selasa Pahing, 16 Juli 2019, Anthony Ginting dibuat kocar-kacir oleh ranking 20 dunia itu.

Pada gim pertama, Lu Guangzu memberikan perlawanan hebat kepada Anthony Ginting. Terbukti terjadi reli poin hingga kedudukan sama kuat 16-16. Mendekati akhir gim, Anthony Ginting sempat kehilangan konsentrasi dan tertinggal 20-16.

Dalam kondisi tertekan, Ginting terus berusaha mengejar angka. Memang dia sempat bisa menggagalkan upaya Lu untuk merebut kemenangan dengan menyamakan kedudukan dan menciptakan sekali deuce. Tapi Lu berhasil merebut kemenangan dengan angka 22-20.

Kekalahan di gim pertama membuat Anthony Ginting semakin tertekan, statusnya sebagai pemegang ranking 8 dunia bisa tercemar jika kalah, apalagi di hadapan pendukung sendiri di Jakarta.

Sejak awal gim Ginting mulai menekan Lu. Hasilnya cukup baik, dia berhasil memimpin duel perdana itu dengan selisih lebih dari lima poin pada kedudukan 10-16. Bahkan sempat berada di ambang kemenangan pada poin 17-20.

Lu juga tak mau begitu saja harus membuang kesempatan untuk segera merebut tiket ke babak 16 besar. Dia lalu mulai berusaha bangkit dari ketertinggalan. Hasilnya, 3  angka didapatkan untuk menyamakan kedudukan sekaligus memaksa terjadinya deuce.

Dua kali deuce terjadi sebelum akhirnya pada menit 50 Anthony Ginting mendapatkan 2 angka kemenangan dan menutup gim pada skor 23-21, sekaligus memaksa Lu untuk menuntaskan duel melalui gim tambahan.

Dan tibalah gim pamungkas dimulai, Lu langsung merebut 4 poin beruntun pembuka gim. Namun, keunggulan itu tak berlangsung lama, usai terjadi beberapa kali pertarungan sengit, Anthony Ginting menyamakan poin jadi 6-6. Bahkan, jelang jeda Anthony Ginting berbalik unggul 11-7.

Mendekati akhir laga, penampilan Lu semakin memburuk, terlihat dia sudah mulai kelelahan akibat pertandingan tempo tinggi yang diperagakan juara China Open 2018 itu selama satu jam. Dengan mudahnya Anthony Ginting melambungkan angka menjadi 16-8.

Dan saat azan Magrib berkumandang di Istora di menit 78 , Anthony Sinisuka Ginting memastikan 1 tiket ke babak 16 besar turnamen termahal dunia dengan total hadiah 1.250.000 dolar Amerika Serikat setelah menutup duel dengan kemenangan 21-18.

Di babak 16 besar nanti, akan berhadapan dengan pemenang duel wakil Thailand, Kantaphon Wangcharoen dengan tunggal putra Jepang, Kanta Tsuneyama.

Baca: Istora Bergelora, Jonatan Christie Hajar Pebulutangkis Denmark