Jadi Atlet Profesional, 2 Pebulutangkis Cantik Tak Lupakan Pendidikan

Pebulutangkis Taiwan, Tai Tzu Ying.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Nurhendra Saputra

VIVA – Menjadi seorang atlet profesional dan berprestasi tidak membuat tunggal putri Taiwan, Tai Tzu Ying melupakan pendidikan. Tai Tzu Ying sekaligus mematahkan anggapan jika seorang atlet sulit untuk menjalani pendidikan dan profesinya secara bersamaan. 

Tai Tzu Ying bahkan sebenarnya adalah lulusan S2 dari Universitas Taipei. Ia mengambil jurusan Pengembangan dan Penelitian Olahraga. 

"Kalau di Taiwan orang memiliki gelar S2 adalah biasa. Jadi semua orang akan berjuang untuk mendapatkan gelar S2. Saya ingin melanjutkan pendidikan ke S3. Saya tidak melanjutkan pendidikan tanpa beasiswa," kata Tai Tzu Ying usai pertandingan di Indonesia Open 2019, Selasa, 16 Juli 2019 di Istora Senayan, Jakarta.  

Hal yang sama juga dilakukan oleh tunggal putri dari Thailand, Ratchanok Intanon. Meski saat ini ia masih menyandang gelar S1, namun tidak menutup kemungkinan ia akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. 

"Untuk saat ini saya masih berkonsentrasi sebagai atlet bulutangkis profesional. Jadi saya tidak terlalu memikirkan pendidikan," katanya. 

"Tapi universitas saya bilang kalau saya ada waktu, saya bisa belajar. Saat ini masih konsentrasi ke latihan dan turnamen," jelasnya. 

Di masa depan, Ratchanok bermimpi bisa menjadi seorang menteri. Saat kuliah Ratchanok mengambil jurusan ilmu politik.