Duo China Musuh Berat Kevin/Marcus Rebut Ranking 2 Bulutangkis Dunia

Li Junhui/Liu Yuchen.
Sumber :
  • IG Liu Yuchen

VIVA – Di tengah meriahnya turnamen termahal dunia, Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa Pahing, 16 Juli 2019, ternyata ada peristiwa penting terjadi dan menggegerkan dunia bulutangkis.

Juara dunia ganda putra, Li Junhui/Liu Yuchen menggulingkan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dari ranking 2 bulutangkis dunia.

Musuh bebuyutan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon itu diketahui telah merebut ranking 2 dunia setelah Federasi Bulutangkis Dunia atau BWF menerbitkan daftar ranking bulutangkis dunia terbaru pekan 29.

Li/Liu naik ke ranking 2 dunia setelah terjadi penurunan perolehan poin drastis yang menimpa Takeshi/Keigo. Poin duo Jepang ini anjlok dari 85.473 menjadi 82.223.

Di saat koleksi poin Takeshi/Keigo merosot, Li/Liu berhasil mempertahankan perolehan poin mereka di angka 84.910. Akibat perubahan poin itu, Takeshi/Keigo kini turun ke ranking 3 dunia.

Sebelumnya, ranking 2 dunia yang sempat dikuasi Li/Liu dikudeta Takeshi/Keigo. Kudeta terjadi di pekan 18.

Saat itu Takeshi/Keigo mendepak Li/Liu dari ranking 2 dunia karena perolehan poin mereka melampaui poin duo China itu. Sementara itu, Kevin/Marcus masih kokoh menduduki ranking 1 dunia dengan koleksi poin 98.553.

Baca: Laga Kontroversi, Kevin/Marcus Hajar Ranking 18 Bulutangkis Dunia