Luar Biasa, Fajar/Rian Permalukan Juara Dunia Asal China di Istora

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.
Sumber :
  • PBSI

VIVA – Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mempermalukan juara dunia ganda putra 2017, Liu Cheng dan tandem anyarnya, Huang Xai Xiang di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta.

Dalam pertarungan yang dilangsungkan di lapangan 1, Rabu 17 Juli 2019, Fajar/Rian berhasil membalikkan keadaan dari tertinggal hingga merebut kemenangan.

Pada gim pertama, Fajar/Rian langsung menggempur pertahanan Huang/Liu. Hasilnya, mereka sempat unggul cukup jauh pada skor 6-3. Namun, perlahan tapi pasti terlihat terjadi peningkatan penampilan Huang/Liu, terbukti saat turun minum mereka unggul 11-10.

Usai jeda, Huang/Liu masih terus menguasai pertandingan dan akhirnya di menit 21, mereka menutup pertandingan dengan kemenangan 21-18.

Di awal gim kedua, Huang/Liu terlihat dilanda kepanikan ketika Fajar/Rian meningkatkan serangan. Tercatat mereka lebih dari 3 kali membuat kesalahan sendiri yang menguntungkan lawan. Bola-bola pengembalian dari duo China ini sering keluar lapangan.

Bahkan, mereka juga melakukan kesalahan dalam servis. Akibatnya, poin Fajar/Rian melejit dengan mudah pada kedudukan 8-3.

Namun meski sempat unggul dengan selisih angka sangat jauh, Fajar/Rian gagal mempertahankan ritme bermain. Efeknya, pasangan tanpa ranking dunia asal China itu bisa merapatkan kembali selisih angka dengan Fajar/Rian. Dan saat jeda, mereka hanya tertinggal 2 angka dari Fajar/Rian pada skor 9-11.

Selepas jeda, dengan dukungan penuh dari suporter di Istora, Fajar/Rian terus menguasai pertandingan. Mereka berhasil melambungkan poin jadi 17-11. Akhirnya di menit 41, Fajar/Rian mengunci kemenangan dengan poin 21-14 dan memaksa Huang/Liu untuk menuntaskan laga melalui gim tambahan.

Gim terakhir dibuka dengan reli cepat yang dimenangkan Fajar/Rian dan mendapatkan 1 poin pembuka laga. Tak cuma itu, Fajar/Rian bahkan sempat unggul 3 angka pada kedudukan 6-3.

Setelah unggul angka, Fajar/Rian terus menggedor pertahanan Huang/Liu. Liu Cheng menjadi target utama bulan-bulanan serangan Fajar dan Rian secara bergantian. Memang di laga ini terlihat pertahanan Liu sangat lemah.

Hasilnya cukup memuaskan, Fajar/Rian mampu unggul sementara saat jeda turun minum pada kedudukan 11-7. Usai jeda Fajar/Rian semakin percaya diri saja, terus membombardir Huang/Liu dan melesatkan poin dengan skor 18-13. Dan akhirnya di menit 65, Fajar/Rian menutup gim dengan kemenangan 21-16.

Di babak 16 besar nanti Fajar/Rian akan berhadapan dengan pemenang pertandingan antara wakil Taiwan, Liao Min Chun/Su Ching Heng, dengan duo India, Attri Manu/Reddy B Sumeeth.

Perlu diketahui, Huang dan Liu merupakan duet anyar. Sebelumnya Liu berpasangan dengan Zhang Nan. Saat berpasangan dengan Zhang Nan, Liu sempat merajai ganda putra dengan menjuarai BWF World Championships 2017. Di final mereka mengalahkan duo RI, Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro.

Baca: Tommy Sugiarto Dihancurkan Raja Bulutangkis Dunia di Senayan