Pertarungan Dahsyat, Ahsan/Hendra Tumbangkan Raja Bulutangkis Eropa

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan
Sumber :
  • BWF

VIVA – Pertarungan dua raksasa ganda putra dunia di Indonesia Open 2019, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dengan Marcus Ellis/Chris Langridge benar-benar membuat Istora Bung Karno, Jakarta, memanas.

Bagaimanan tidak, pertarungan sengit antara juara All England Open 2019 dengan juara European Games 2019 itu sudah terjadi sejak gim pertama dimulai.

Dalam pertandingan yang digelar di lapangan 1 sore ini, Rabu 17 Juli 2019, saking sengitnya, tercipta 7 kali deuce di gim pertama.

Semua itu berawal dari reli poin yang berlangsung sejak gim pertama dimulai. Memang, Ahsan/Hendra sempat unggul 3 poin di jeda gim pertama pada kedudukan 11-8. Hanya saja usai jeda, Marcus/Chris tampil garang dan mampu mengejar ketertinggalan angka.

Bahkan, yang paling menegangkan, duo Inggris itu sempat hampir merebut kemenangan dalam posisi unggul 20-18. Tapi, hal itu tak terjadi, sebab ternyata Ahsan/Hendra berhasil menggagalkan kemenangan itu dengan menciptakan deuce pada skor 20-20.

Dari situlah terjadi pertarungan yang benar-benar dahsyat. Ahsan/Hendra dan Marcus/Chris saling menyalip dan menciptakan deuce hingga terjadi 7 kali deuce pada angka 20-20, 21-21, 22-22, 23-23, 24-24, 25-25 dan 26-26.

Akhirnya, Ahsan/Hendra membuktikan memiliki pengalaman bertarung di tingkat tinggi. Pada menit 30, mereka mendapatkan 2 poin untuk merampas kemenangan yang sebelumnya sempat nyaris diambil Marcus/Chris. Gim pertama ditutup dengan 28-26.

Di gim kedua, tensi pertandingan tak juga turun. Adu cepat pukulan dan variasi serangan kiri kanan sama-sama dilancarkan kedua pasangan. Reli poin terjadi dengan jarak sangat tipis. Bahkan, di waktu istirahat pun Ahsan/Hendra cuma unggul 11-10.

Tapi, usai jeda pertandingan sedikit berubah, Marcus/Chris terlihat mulai kelelahan dan kewalahan melawan juara Indonesia Open 2013 itu. Terbukti hanya dalam beberapa menit saja poin mereka tercecer cukup jauh 13-17.

Dan akhirnya tepat di menit 50, pemegang ranking 4 dunia itu mengakhiri perlawanan keras Marcus/Chris dengan poin akhir 21-17.

Dengan kemenangan ini, maka Ahsan/Hendra melaju ke babak 16 besar untuk menantang pemenang laga antara wakil Jerman, Mark Lamsfuss/Marvin Seidel, dengan wakil Thailand, Bodin Isara/Maneepong Jongjit.

Pertarungan panas antara Ahsan/Hendra sebenarnya sudah diprediksi sejak pertandingan belum digelar. Sebab, kedua pasangan saat ini dalam penampilan terbaiknya. Terutama bagi Marcus yang baru saja menciptakan rekor merebut 2 medali emas di pesta olahraga benua biru, European Games 2019.

Baca: Dramatis, Della/Rizki Jungkalkan Gadis-gadis China di Istora